HOME, Keluarga

Ini 7 Cara Efektif Menghilangkan Bulu Wajah

Ini 7 Cara Efektif Menghilangkan Bulu Wajah

MOMSMONEY.ID - Semua wanita tentu memiliki bulu pada area wajah. Yang membedakan adalah seberapa banyak dan halus bulu yang dimiliki.

Beberapa dari Anda mungkin mengalami pertumbuhan bulu wajah yang berlebihan, gelap, dan kasar. Adapun kondisi ini dikenal sebagai hirsutisme.

Hirsutisme dapat terjadi akibat tingginya kadar hormon pria atau androgen dalam tubuh. Pola pertumbuhan hirsutisme pada wanita memiliki keterkaitan dengan virilisasi atau suatu kondisi di mana wanita mengembangkan karakteristik yang terkait dengan hormon pria.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hampers Dekorasi Rumah untuk Lebaran

Untuk membantu menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu pada wajah akibat hirsutisme, ada banyak cara yang bisa Anda coba. Melansir Skinkraft, berikut 7 di antaranya yang tergolong efektif.

1. Shaving

Shaving atau mencukur menjadi cara paling cepat dan praktis untuk membantu menghilangkan bulu pada wajah. Anda bisa memilih alat cukur sekali pakai atau alat cukur listrik untuk mengangkat dan memotong bulu wajah dengan lebih mudah.

Supaya tidak meninggalkan luka atau bekas luka pada wajah, cukurlah bulu wajah searah dengan pertumbuhannya dan selalu gunakan pelembab setelah selesai bercukur.

Selalu ingat bahwa mencukur dengan pisau cukur tidak akan menghilangkan bulu wajah Anda secara permanen. Biasanya, bulu akan kembali tumbuh setelah beberapa hari.

2. Tweezing

Tweezing merupakan salah satu cara menghilangkan bulu wajah yang murah namun efektif. Dengan mengandalkan pinset, tweezing akan mencabut bulu wajah Anda hingga ke akar-akarnya.

Oleh sebab itu, tidak heran jika tweezing mampu memberikan hasil yang bertahan lebih lama daripada bercukur yakni sekitar 3-8 minggu.

3. Epilation

Epilation termasuk alternatif yang ideal untuk mencukur dan mencabut bulu wajah. Cara ini bahkan dapat membuat wajah Anda terbebas dari bulu selama maksimal 4 minggu.

Kendati cara kerjanya mirip dengan waxing, namun epilation tidak menggunakan lilin untuk mencabut bulu dari akarnya.

Sebagai gantinya, epilation dilakukan menggunakan sebuah alat bernama epilator yang mampu mencabut bulu seketika saat Anda memindahkannya ke berbagai area wajah.

Bagi beberapa wanita, epilation bahkan menghasilkan pertumbuhan bulu wajah yang lebih lembut dan halus setelahnya.

4. Waxing

Waxing adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan bulu baik pada tubuh maupun wajah.

Ada dua jenis metode waxing yang bisa Anda pilih yaitu waxing strip siap pakai dan waxing panas atau dingin.

Apapun jenisnya, pastikan untuk menggunakan lilin yang lembut dan khusus dibuat untuk bulu wajah ya.

Apabila Anda memilih waxing panas, jangan lupa untuk menyediakan penghangat lilin (wax warmer) guna memanaskan lilin dengan benar sembari mengontrol suhunya.

Untuk mengoleskan lilin, selalu gunakan stik lilin yang segar. Jika Anda bersikeras menggunakan stik lilin yang sama lebih dari satu kali, itu dapat menyebabkan infeksi bakteri.

Disarankan juga untuk tidak menggunakan lilin yang terlalu panas karena berisiko membakar kulit.

5. Laser hair removal

Jika Anda menginginkan wajah bebas bulu dalam jangka panjang, maka laser hair removal patut untuk Anda coba. Dengan memanfaatkan sinar laser dan pulsating, teknik ini akan merusak folikel rambut dan menghilangkannya.

Dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan bagi bulu wajah Anda untuk kembali tumbuh. Meskipun bersifat semi permanen, namun terkadang pertumbuhan bulu justru berhenti total setelah dilakukan laser hair removal.

Dengan hasil yang luar biasa tersebut, tidak mengejutkan jika perawatan ini tergolong mahal. Untuk solusi lebih murah, Anda bisa mencoba laser removal kit di rumah alih-alih di klinik kecantikan. Supaya aman, hindari untuk menggunakannya di dekat area mata ya.

6. Depilatory cream

Depilatory cream atau krim penghilang bulu mampu memberikan hasil yang lebih tahan lama daripada bercukur.

Mudah ditemukan di mana-mana, kebanyakan produk depilatory cream mengandung bahan kimia seperti natrium, titanium dioksida, dan barium sulfida yang mampu memecah protein pada rambut. Hasilnya, bulu pada wajah akan menjadi mudah larut dan terangkat.

7. Threading

Sesuai namanya, threading dilakukan dengan menggunakan benang katun atau poliester yang digulung di atas area yang berbulu dengan tujuan mencabutnya dari folikel.

Hal itu merupakan metode yang populer untuk membentuk alis dan mencabut bulu wajah di area bibir atas, dagu, serta cambang.

Karena threading agak sulit untuk dilakukan sendiri, Anda dapat melakukannya dengan bantuan klinik kecantikan guna membebaskan wajah Anda dari bulu yang mengganggu sekaligus mencegahnya tumbuh kembali ke arah dalam.

Itulah 7 cara menghilangkan bulu wajah yang telah terbukti efektif. Kira-kira, cara mana yang ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News