HOME, Keluarga

Ini 7 Bahan Alami untuk Membuat Kulit Lebih Bercahaya, Apa Saja?

Ini 7 Bahan Alami untuk Membuat Kulit Lebih Bercahaya, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Kulit yang bagus bukan hanya tentang genetika yang baik melainkan juga tentang rutinitas perawatan kulit dan pemilihan produk kecantikan yang tepat.

Tak perlu mahal, mengupayakan kulit yang sehat dan bercahaya bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Dari banyaknya bahan alami yang bagus untuk kulit, berikut MomsMoney cantumkan beberapa di antaranya yang bisa Anda coba untuk membuat kulit lebih bercahaya sebagaimana dilansir dari Bright Side.

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Bibir Lembab dan Sehat, Cobain Yuk!

1. Madu

Madu mentah dikenal dengan sifat anti-bakterinya yang berguna untuk kulit terutama bagi mereka yang memiliki permasalahan jerawat atau psoriasis. Dari banyaknya jenis madu yang ada, madu manuka menjadi salah satu madu yang dianggap sangat baik.

Sebelum menggunakannya pada kulit wajah Anda, pastikan Anda memilih madu yang tidak dipasteurisasi dan semurni mungkin agar semua bakteri alaminya dapat bekerja secara efektif. Selain memilih madu yang tepat, Anda juga sangat disarankan untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakannya guna memastikan bahwa Anda benar-benar tidak alergi terhadap madu tersebut.

2. Licorice

Ekstrak akar licorice dapat digunakan untuk mengobati eksim dan jerawat berkat sifat anti-mikrobanya. Bahan alami ini juga dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan memperlambat proses penuaan karena kemampuannya yang dapat memberikan perlindungan terhadap kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Untuk orang-orang yang menderita kulit gatal dan iritasi, mereka dapat mengkombinasikan ekstrak licorice dengan vitamin C sebelum mengaplikasikan sunscreen.

3. Kayu manis

Kayu manis dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk melindungi sel-sel kulit Anda karena memiliki sifat antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis memiliki efek peningkatan kolagen yang sangat bermanfaat bagi kulit. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menyulap kayu manis sebagai masker dengan cara mencampurkan madu mentah ke dalamnya sebelum dioleskan ke wajah.

Namun, Anda harus berhati-hati jika Anda memiliki alergi terhadap kayu manis. Sebaiknya, gunakanlah ekstrak kayu manis alih-alih kayu manis bubuk karena akan lebih bermanfaat bagi kulit Anda.

4. Wortel

Wortel kaya akan potasium dan karena itu wortel dapat memberikan kelembaban pada kulit kering Anda. Selain potasium, vitamin A yang terdapat di dalam wortel juga bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan minyak sekaligus menghilangkan semua racun yang ada pada kulit. Ada juga beta-karoten yang mampu melindungi kulit dari sinar UV dan membantu kulit melawan tahap awal penuaan.

Anda bisa mencampurkan parutan wortel dengan gel lidah buaya atau campurkan parutan wortel dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh susu segar untuk menciptakan masker wajah alami.

5. Kefir

Karena mengandung ragi dan bakteri yang tinggi, kefir (minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi) dapat menenangkan kulit kering, membantu mengatasi kemerahan, dan memberikan energi pada kulit Anda yang lelah. Kefir juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat sehingga dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan dan stres pada kulit.

Kefir terbilang ideal untuk eksfoliasi kulit serta dapat menyeimbangkan ph kulit yang mana sangat penting jika Anda menderita iritasi dan kemerahan. Anda bisa memanfaatkan kefir sebagai bahan masker wajah dengan cara mencampurkan 2 sendok makan kefir dengan air perasan dari 1 buah mentimun. Setelah jadi, oleskan masker ini pada wajah Anda selama sekitar 20 menit lalu bilas hingga bersih.

6. Blueberry

Kaya akan vitamin C dan K, blueberry sangat bagus untuk membantu luka sembuh lebih cepat. Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus mengoleskan buah blueberry mentah secara langsung ke kulit Anda. Anda bisa memakan semangkuk buah blueberry segar untuk mendapatkan manfaatnya.

Dengan memakan banyak buah blueberry, sirkulasi darah Anda akan meningkat yang mana hal tersebut dapat berpengaruh baik bagi kondisi kulit Anda.

Selain memakannya, Anda juga bisa menjadikannya sebagai masker. Campurkanlah beberapa potong buah blueberry segar dengan yogurt plain secukupnya kemudian aplikasikan pada wajah. Masker ini akan meremajakan kulit serta meningkatkan produksi kolagen Anda sehingga sangat membantu untuk melawan penuaan dini.

7. Kayu cendana

Selain aromanya yang wangi, kayu cendana juga tergolong bagus untuk kulit lho. Bahan alami ini dapat membantu mengatasi permasalahan jaringan parut, peradangan, keriput, hingga psoriasis. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu cendana dapat mengobati jerawat ketika digunakan dalam pengobatan rumahan oleh nenek-nenek India.

Anda dapat menggunakan kayu cendana dalam bentuk bubuk, minyak, sabun, atau cairan. Adapun salah satu resep luar biasa yang bisa Anda ikuti untuk memanfaatkan kayu cendana yakni dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk cendana dengan 1 sendok makan air mawar. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda yang bersih dan kering lalu diamkan selama 10-15 menit.

Selanjutnya: Kalau Mau Punya Kulit yang Indah, Hentikan 6 Kebiasaan Ini Sekarang Juga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News