ads

Ini 6 Spesies Ikan Hias Akuarium yang Punya Sifat Agresif

Sumber: Its a fish thing
Selasa, 14 Juni 2022 | 15:08 WIB
Ini 6 Spesies Ikan Hias Akuarium yang Punya Sifat Agresif

ILUSTRASI. Ini 6 Spesies Ikan Hias Akuarium yang Punya Sifat Agresif


MOMSMONEY.ID - Ketika hendak memelihara ikan hias, ada baiknya Anda melakukan sedikit riset tentang spesies ikan hias yang akan ditambahkan ke dalam tangka akuarium.

Dengan melakukan riset, Anda akan mengetahui ikan seperti apa yang akan dipelihara dan membantu Anda memberikan perawatan yang sesuai. Selain itu, juga membantu Anda mencegah masalah yang timbul dari kehidupan akuarium. Salah satunya mengenai sifat agresif ikan yang dapat menyebabkan perkelahian antar ikan.

Perilaku agresif ikan ini dapat dilihat dari beberapa hal, seperti menyerang ikan lainnya, merebutkan ruang dan makanan, serta pembiakan. Ini semua bergantung dengan spesies ikan yang Anda pelihara. Untuk membantu Anda mengetahuinya, dilansir dari It’s a Fish Thing, berikut 6 ikan hias akuarium yang punya sifat agresif.

Baca Juga: Ikan Hias di Akuarium Suka Berkelahi? Ini Kemungkinan 4 Penyebabnya!

Tiger Barb

Tiger barb adalah ikan yang cantik dengan corak yang telihat seperti harimau, oranye bergaris-garis hitam.

Sayangnya, ikan ini tidak ramah dengan ikan lainnya dan memiliki kecenderungan untuk menggigit sirip dan menggertak spesies yang lebih lemah.

Ikan ini akan meneror ikan lainnya hampir sepanjang waktu dengan mengejarnya di seluruh sisi akuarium.

Dwarf Pea Puffer

Meski bentuknya kecil dan terkesan imut, dwarf pea puffer ternyata ikan yang cukup agresif dan mengalami beberapa perselisihan teritorial.

Mereka juga akan memakan teman akuarium yang lebih kecil, terutama invertebrate seperti udang dan siput. Mereka juga cocok dengan pea puffer lainnya. Ikan pea puffer benar-benar membutuhkan banyak ruang dan tanaman penutup untk merasa aman.

Hiu Ekor Merah

Ikan hias hiu ekor merah adalah salah satu spesies dari sepupu ikan mas yang menyenangkan untuk dimiliki. Mereka cukup aktif karena suka berenang ke sana kemari di dalam akuarium.

Saat masih berusia muda, ikan hiu ekor merah cukup pemalu dan sering bersembunyi, tetapi saat dewasa, mereka menjadi territorial. Mereka memang tidak menggigit atau menyerang yang lain, tetapi biasanya akan mengejar ikan lain sampai kelelahan.

Hiu Pelangi

Sama seperti ikan hias hiu ekor merah, ikan hias hiu pelangi sebenarnya juga kerabat dari ikan mas. Mereka juga dianggap semi-agresif karena sikap teritorialnya saat dewasa. Saat merasa terancam, ikan hiu pelangi tidak akan segan menyerang ikan lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Aquascape yang Tepat

Bucktooth Tetra

Bucktooth tetra berbeda dengan sepupu tetra mereka yang lebih tenang. Bucktooth tetra juga dikenal sebagai Paradoks Exodon, yang terkenal suka menggigit tetangga satu akuariumnya.

Mereka menggigit menggunakan gigi seri depan yang tajam untuk menangkap dan memakan sirip ikan lainnya. Jika Anda ingin memeliharanya, ikan ini paling baik dipelihara dalam kelompok spesies yang sama setidaknya 12 ekor untuk mencegah pertengkaran.

Ikan Oscar

Ikan Oscar juga dikenal sebagai velvet cichlid yang sangat populer dalam perdagangan akuarium. Mereka memiliki banyak kombinasi warna sehingga menciptakan penampilan yang benar-benar unik.

Namun, Anda harus berhati-hati karena ikan Oscar cukup agresif. Mereka dikenal pengganggu yang akan menyerang dan memakan ikan yang rentan. Ikan ini paling baik dipelihara dengan ikan berukuran sama dan dapat bertahan dari sikap agresifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER