HOME, Keluarga

Ini 6 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Berukuran Mini

Ini 6 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Berukuran Mini

MOMSMONEY.ID - Keberadaan tanaman hias di dalam ruangan akan memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian ilmiah, tanaman hias dapat menyerap racun di dalam ruangan, meningkatkan kelembapan udara, mengurangi stres, dan memicu kreativitas. Ruangan juga akan semakin menarik dengan hadirnya tanaman-tanaman ini.

Anda dapat memilih tanaman hias berukuran mini untuk diletakkan di dalam ruangan. Selain tak merepotkan perawatannya, tanaman hias berukuran mini juga lebih hemat tempat dan ramah dengan ruangan kecil. Jika Anda tertarik, berikut 7 rekomendasi tanaman hias berukuran mini yang telah dikutip dari Smart Garden Guide.

Baca Juga: Apa yang Akan Terjadi Jika Tanaman Kekurangan Sinar Matahari? Ini Penjelasannya

Sukulen

Sukulen

Sukulen tentu tak boleh absen dari jenis-jenis tanaman hias berukuran mini. Sukulen biasanya ditanam di dalam pot-pot berukuran kecil. Tanaman ini juga minim perawatan, sehingga Anda tak perlu repot-repot memanjakannya setiap hari.

Ada begitu banyak jenis sukulen, seperti echevaria, crinkle-leaf plant, roseum plant, dan sebagainya. Karena ukurannya yang kecil, sukulen dapat ditempatkan hampir di mana saja di rumah Anda.

Bonsai Elm Cina

Bonsai

Tanaman bonsai sudah pasti adalah tanaman berukuran mini yang paling populer. Kendati demikian, budidaya bonsai memerlukan ilmu dan butuh waktu lama untuk menguasai perawatannya. Bonsai elm cina menyukai cahaya terang dan dapat mentolerir jendela yang menghadap ke selatan sepanjang tahun. Mereka bisa mengalami semi-gugur bergantung pada cahaya dan suhu selama musim dingin dalam satu tahun. Kemudian, daun akan kembali tumbuh bila musim dingin telah lewat. Jadi, Anda tak perlu khawatir.

Pilea Peperomiodes

Pilea Peperomiodes

Pilea Peperomiodes atau yang biasa dikenal juga dengan tanaman uang cina adalah tanaman yang unik dengan daun berbentuk panekuk mengilap. Ini adalah tanaman indoor kecil yang indah untuk dimiliki.

Perawatannya juga mudah dan dapat menghasilkan tanaman bayi yang dapat dibagikan dengan teman-teman Anda. Pilea bisa tumbuh dengan tinggi maksimal sekitar 30 cm.

Baca Juga: Rekomendasi Macam-Macam Tanaman Air untuk Aquascape Pemula

Bunga Kupu-Kupu

Oxalis triangularis

Tanaman bunga kupu-kupu atau Oxalis triangularis merupakan tanaman yang cantik karena daunnya yang berbentuk seperti kupu-kupu yang sedang hinggap. Warna daunnya ungu terang hingga ungu tua. Uniknya, daun-daun ini akan membuka pada siang hari dan akan menutup di malam hari. Bunga kupu-kupu ini biasanya akan berbunga sekitar bulan April hingga September. Bunganya berbentuk putih kecil dan tampak klasik.

Anthurium (Kuping Gajah)

Anthurium

Anthurium atau tanaman kuping gajah dapat memberikan nuansa cerah di ruangan Anda dari warna bunganya yang merah. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 30-45 cm.  Namun, Anda dapat memangkasnya sebagai salah satu bentuk perawatan untuk tanaman anthurium. Tanaman ini dapat mentolerir semua jenis cahaya, tetapi akan tumbuh lebih baikd engan cahaya terang dan tidak langsung.

Polka Dot Plant

Polka Dot Plant

Polka Dot Plant atau Hypoestes phyllostachya adalah tanaman hias kecil lainnya yang tak kalah menarik. Mereka memiliki daun-daun yang bercorak bintik-bintik seperti motif polka dot yang berwarna-warni, seperti putih, merah muda, merah, dan kuning. Tanaman kecil ini lebih menyukai sinar matahari tak langsung seperti di dalam ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News