HOME, Keluarga

Ini 6 Manfaat Memangkas Tanaman secara Rutin

Ini 6 Manfaat Memangkas Tanaman secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Pemangkasan tanaman adalah bagian dari perawatan rutin untuk tanaman hias maupun tanaman produksi. Pemangkasan ini dilakukan dengan membuang beberapa bagian tertentu dari tanaman, seperti akar, tunas, cabang yang sakit atau mati.

Kegiatan perawatan ini juga perlu direncanakan dan dilakukan dengan benar agar Anda mendapatkan manfaat dari perawatannya. Sebab, pemangkasan ini akan berpengaruh pada ukuran dan bentuk tanaman, kualitas dan kuantitas buah, kesehatan secara keseluruhan, dan keamanan.

Dilansir dari Trees Down Under, berikut beberapa manfaat memangkas tanaman.

Baca Juga: Cara Memangkas Tanaman Hias secara Benar. Simak Penjelasannya!

Menghilangkan Bagian Tanaman yang Berpenyakit

Penyakit dan hama tidak selalu menyerang seluruh bagian tanaman. Terkadang ini dimulai dari bagian-bagian tertentu yang kemudian menjalar. Oleh karena itu, memangkas tanaman dapat menghentikan penyebaran penyakit tersebut. Anda dapat memotong bagian yang layu, rusak, dan mati pada tanaman.

Membuat Jangkauan Matahari dan Sirkulasi Udara Lebih Baik

Saat tanaman tumbuh lebih besar, mereka akan menjadi lebih lebat. Daun-daun mungkin akan menutupi bagian dalam tanaman dan mencegah sinar matahari yang mereka butuhkan terhalangi, serta sirkulasi udara yang terhambat. Dengan dilakukannya pemangkasan, ini akan menipiskan bagian-bagian yang terlalu lebat, sehingga memberi ruang untuk sinar matahari dan udara masuk lebih baik menjangkau seluruh bagian tanaman.

Memancing Pertumbuhan Buah

Bagi tanaman buah-buahan, pemangkasan dapat menjadi cara untuk mendapatkan produksi buah yang konsisten dan berkualitas. Pemangkasan in dapat dilakukan pada cabang-cabang pohon yang tidak diperlukan dan memusatkan energi pertumbuhan pada bagian tanaman yang berbuah. Selain itu, pemangkasan setiap tahun memberi pohon cabang yang lebih tebal dan lebih pendek, sehingga buah lebih mudah dipanen.

Baca Juga: Ini 4 Bahan Rumah Tangga yang Dapat Membuat Daun Tanaman Hias Mengilap!

Memperpanjang Umur Tanaman

Pemangkasan mencegah penyebaran penyakit, artinya ini membuat tanaman lebih sedikit penyakit dan lebih banyak sumber daya, sehingga kesehatannya menjadi lebih baik. Pertumbuhan baru pada tanaman akan membuat tanaman menjadi selalu tampak muda, sehingga memperpanjang umurnya.

Mengoreksi Pertumbuhan Tanaman

Pemangkasan dilakukan untuk mengoreksi bagian pertumbuhan yang tidak baik. Misalnya, arah pertumbuhan, percepatan pertumbuhan di bagian yang salah, dan lain-lain. Pertumbuhan yang dikoreksi dengan pemangkasan akan menghemat energi tanaman untuk menumbuhkan bagian-bagian tanaman yang penting, seperti bunga dan buah.

Membuat Tampilan Tanaman Lebih Segar

Pemangkasan teratur akan membuat tanaman lebih tertata, tetap muda, dan sehat. Secara keseluruhan ini membuat tampilan tanaman menjadi lebih segar. Ini adalah bonus yang baik untuk menjadikan tanaman Anda dekorasi sempurna untuk halaman rumah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News