HOME, Keluarga

Ini 6 Manfaat Anjing Peliharaan Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Ini 6 Manfaat Anjing Peliharaan Berjemur di Bawah Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Anda barang kali pernah melihat anjing peliharaan ingin pergi ke luar rumah atau berlari keluar untuk bersantai di bawah sinar matahari. Mereka mungkin juga akan tertidur di bawah teriknya selama beberapa saat. Anda mungkin berpikir bahwa anjing Anda pasti sedang berjemur di bawah sinar matahari.

Meski anjing memiliki naluri untuk mencari kehangatan, mereka tetap harus terkena sinar matahari mentah bagaimana pun juga, baik pada pagi hari, tengah hari, maupun sore hari. Mereka membutuhkan paparan sinar matahari untuk menjaga tubuh tetap sehat. Lebih lanjut, dilansir dari Nutri Source Pet Foods, berikut beberapa manfaat anjing berjemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga: 4 Tips Memandikan Burung Peliharaan dengan Cara yang Menyenangkannya

Sebagai Sumber Panas Tubuh

Ini adalah alasan utama kenapa anjing berjemur. Mereka membutuhkannya untuk mengatur suhu tubuh mereka agar tetap hangat, tidak kedinginan, dan mengeringkan yang basah.  

Sumber Vitamin D, Kalsium, dan Fosfor

Hewan seperti anjing dan kucing memang tidak dapat memetabolisme sinar UVB langsung menjadi vitamin D3, tetapi matahari akan menghasilkan minyak sebaceous pada bulu mereka yang dapat dicerna dan diubah menjadi vitamin (dianggap sebagai hormone) ketika mereka merawat diri. Ini sungguh luar biasa. Sinar matahari juga membantu dalam penyerapan kalsium dan fosfor, sehingga dapat menyehatkan tulang dan gigi anjing.

Membantu Membangun Kekebalan Tubuh

Bagi manusia, sinar matahari dapat menurunkan risiko terhadap pilek dan virus, ini juga berlaku untuk anjing. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan anjing rentan terhadap serangan penyakit. Biasanya, ini terjadi dengan proses yang bertahap. Misalnya, mula-mula anjing mengalami kekurangan vitamin D dan kalsium, lalu berkembang menjadi masalah kesehatan lain.

Antidepresan

Ketika berjemur, paparan sinar matahari dapat membantu anjing memproduksi serotonin, yakni hormone tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati dan mendorong perasaan tenang. Ini dapat menjadi obat antidepresan yang alami untuk anjing. Berjemur secara rutin akan mengatasi masalah emosional seperti agresif dan gangguan kecemasan pada anjing.

Baca Juga: 7 Perabotan Rumah Tangga yang Beracun Bagi Anjing Peliharaan

Meredakan Nyeri

Pada anjing senior, kehangatan matahari dapat memberikan bantuan sementara untuk mengatasi radang sendi, rematik, dan penderitaan menua lainnya. Bagi anjing yang terluka, sinar matahari dapat membantu mereka membunuh kuman yang tumbuh di luka. Sinar matahari juga akan mengeringkan luka dan membunuh jamur mikroskopis.

Bantuan Beristirahat Lebih Baik

Anjing berjemur juga akan membantunya mengatur ritme sirkadian. Ini karena sinar matahari dapat menghasilkan hormon melatonin pada hewan dan manusia, bereaksi dengan retina dan kelenjar pineal mereka untuk mengatur siklus tidur, serta meningkatkan kualitas tidur

Hal yang Harus Diwaspadai Saat Anjing Berjemur

Meskipun berjemur memiliki sejumlah manfaat kesehatan, terlalu banyak dapat berbahaya bagi Anjing. Dilansir dari Petkeen, sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kulit terbakar, terutama di area bulu anjing yang jarang, seperti sekitar hidung, telinga, dan mata. Anjing yang berbulu putih dan kulit tidak berpigmen juga berisiko. Ini dapat menyebabkan anjing terkena kanker kulit. Selain itu, juga beberapa jenis tumor kulit, seperti hemangiona, hemangiosarcomas, dan karsinoma sel skuamosa.

Anjing seperti brachycephalic (ras anjing berwajah datar), sangat berisiko terkena serangan panas. Termasuk, anjing yang kelebihan berat badan, anjing dengan bulu tebal, dan anjing ras besar. Anjing-anjing dengan kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan di luar pada hari yang hangat terlalu lama.

Serangan ini akan membuat anjing kesulitan bernapas dan tidak dapat mendinginkan diri. Tanda-tanda serangan panas termasuk terengah-engah, kesulitan bernapas, muntah, kelemahan, hipersaliva, dan kejang.

Demi menjaga anjing tetap aman, Anda dapat menyediakan lokasi berteduh di dekat tempatnya berjemur. Sediakan juga air minum yang bersih dan segar untuk tetap menghidrasinya. Bawa masuk anjing saat matahari sangat terik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News