HOME, Keluarga

Ini 6 Cara Mudah Menata Home Office yang Nyaman di Rumah, Yuk Praktikkan!

Ini 6 Cara Mudah Menata Home Office yang Nyaman di Rumah, Yuk Praktikkan!

MOMSMONEY.ID - Di masa pandemi yang masih berlangsung ini, masih ada sebagian orang yang melakukan pekerjaan dari rumah alias WFH (work from home).

Melakukan WFH memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda memang bisa menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi atau makan siang di luar rumah, tapi bekerja di rumah bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi atau fokus.

Nah, salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menyiapkan area kerja atau home office yang nyaman. Dengan area kerja yang nyaman, Anda pun bisa lebih fokus pada pekerjaan dan lebih produktif.

Baca Juga: Terapkan 5 Langkah Ini Untuk Mencegah Korsleting Listrik di Rumah

Dilansir dari The Spruce dan Flexjobs, berikut tips menata area home office di rumah.

Tentukan tempat yang tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tempat yang tepat untuk area kerja atau home office.

Idealnya, Anda sebaiknya memiliki ruang kerja atau area kerja khusus. Namun, jika Anda tidak memiliki tempat seperti itu, cukup manfaatkan area kosong di rumah sebagai area home office, misalnya di pojok ruangan atau bawah tangga. Yang penting, Anda merasa nyaman selama bekerja di tempat tersebut.

Beri privasi

Jika Anda memiliki home office di ruangan yang terbuka, sebaiknya tambahkan sekat atau partisi di sekeliling area tersebut untuk memberi privasi. Anda pun bisa bekerja dengan lebih fokus karena terhindar dari gangguan yang tidak perlu.

Pikirkan penggunaan dengan orang lain

Jika Anda tinggal serumah dengan anak atau pasangan yang sama-sama menjalani sekolah atau bekerja dari rumah, maka ada kemungkinan mereka akan membutuhkan area yang mendukung untuk belajar dan bekerja.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan home office yang bisa digunakan oleh dua orang sekaligus. Pastikan areanya cukup nyaman untuk digunakan dua orang, sehingga Anda tidak perlu berdesakan dengan orang lain.

Baca Juga: Nomor Token yang Dibeli Hilang? Ini Cara Mengetahuinya Kembali

Gunakan meja dan kursi yang nyaman

Meja dan kursi merupakan furnitur yang penting untuk mendukung kelancaran WFH. Jadi, pilihlah meja dan kursi dengan kualitas terbaik untuk area home office Anda.

Pilihlah meja dengan luas permukaan yang cukup lebar untuk menampung pekerjaan Anda, serta memiliki ketinggian yang nyaman. Lalu, pilih kursi dengan fitur ergonomis yang dapat menopang tubuh Anda dengan lebih baik.

Baca Juga: 4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Dinding, Interior Rumah Jadi Menawan!

Gunakan tempat penyimpanan khusus

Sama dengan bekerja di kantor, bekerja di rumah juga menghasilkan banyak dokumen dan file-file yang menumpuk. Jika dibiarkan begitu saja, tumpukan dokumen ini bisa membuat area home office Anda berantakan.

Untuk menjaga kerapian area home office, Anda bisa menyiapkan boks atau kontainer khusus untuk menyimpan berkas-berkas atau dokumen tersebut. Letakkan boks tersebut di tempat yang mudah dijangkau sehingga memudahkan Anda saat membutuhkannya.

Optimalkan pencahayaan

Terakhir, Anda perlu memperhatikan aspek pencahayaan di area home office supaya kegiatan WFH semakin nyaman. Faktanya, pencahayaan yang minim dapat membuat mata Anda bekerja lebih keras sehingga mudah lelah dan menurunkan produktivitas.

Jika memungkinkan, tempatkan home office di area yang mendapatkan banyak pencahayaan alami. Jika tidak, tambahkan lampu secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya lampu meja atau lampu dinding yang simpel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News