HOME, Bugar

Ini 6 Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Penuaan Secara Alami

Ini 6 Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Penuaan Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Mata bengkak yang disebabkan oleh penuaan, cukup menggangu penampilan wajah. Mata menjadi salah satu bagian wajah yang sangat terlihat penuaan dininya. Melansir dari cnfstore.com, mata bengkak karena penuaan terjadi akibat jaringan di kelopak mata yang semakin melemah.

Kondisi seperti ini dapat menyebabkan lemak di kelopak mata atas akan turun, dan akan berhenti di kelopak mata bawah. Bertambahnya usia juga akan memungkinkan cairan lebih mudah terperangkap di kelopak mata. Retensi cairan ini dikenal sebagai edema.

Ditambah kulit tipis di sekitar kelopak mata bisa menyebabkan retensi cairan menjadi menonjol, sehingga menyebabkan mata bengkak. Namun, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Masih bersumber dari cnfstore.com, ada enam cara mengatasi mata bengkak akibat penuaan secara alami, yaitu:

1. Durasi Tidur Cukup

Cara mengatasi mata bengkak pertama adalah dengan mencukupi durasi tidur Anda. Tidur bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, menutrisi kulit dan menambah energi untuk beraktivitas di pagi hari. Pada orang dewasa, durasi tidur yang disarankan selama 7-9 jam. Hindari berdagang dan mengonsumsi kafein sebelum tidur. 

2. Penuhi Cairan Tubuh 

Setelah durasi tidur, Anda juga perlu memenuhi cairan tubuh dengan meminum air putih secara rutin. Anda perlu meminum air putih minimal sebanyak 8 gelas/hari. Mata bengkak bisa terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga pastikan kebutuhan air putih tercukupi untuk menjaga kesehatan kulit. Hindari minuman beralkohol atau minuman lain yang bisa membuat dehidrasi

3. Membatasi Konsumsi Garam

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya dengan membatasi konsumsi garam. Mengonsumsi terlalu banyak garam bisa menyebabkan retensi cairan tambahan dalam tubuh. Selain membuat mata bengkak, bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti risiko masalah jantung dan stroke.

Untuk membatasi konsumsi garam, hindari daging yang diawetkan, keju, roti, dan makanan olahan lainnya. Perhatikan label kemasan untuk mengetahui jumlah garam yang dikonsumsi. Beralihlah dengan makan lebih banyak makanan utuh, seperti sayuran segar dan buah-buahan.

Baca Juga: 7 Cara Memakai Kondisioner dengan Tepat, Sudah Tahu?

4. Konsumsi Banyak Kalium

Selanjutnya, mengonsumsi banyak kalium dapat mengatasi mata bengkak akibat penuaan. Kalium dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh. Untuk meningkatkan asupan kalium, Anda bisa menambahkan pisang, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran hijau ke dalam menu makanan sehari-hari.

5. Gunakan Kompres Dingin

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya dengan menggunakan kompres dingin. Jika mata mengalami mata kelelahan atau bengkak, Anda bisa kompres mata dengan cara kain bersih dibasahi air dingin atau es batu.

Diamkan beberapa menit dan sedikit tekan secara lembut pada area mata. Cara mengatasi mata bengkak ini bisa membantu mengalirkan kelebihan cairan di bawah mata.

6. Gunakan Eye Cream

Cara mengatasi mata bengkak lainnya yaitu dengan menggunakan produk skincare eye cream. Beberapa bahan alami yang harus ada di produk eye cream seperti chamomile dan mentimun. Bahan alami ini mengandung sifat yang dapat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit area mata. 

Selanjutnya: Ketahui 4 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari oleh Pemilik Kulit Sensitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News