Bugar

Ini 6 Cara Mengatasi Masalah Iritasi Kulit, Gunakan Es atau Oatmeal

Ini 6 Cara Mengatasi Masalah Iritasi Kulit, Gunakan Es atau Oatmeal

MOMSMONEY.ID - Bisa dirawat di rumah, ada beberapa cara mengatasi masalah iritasi kulit. Penyebab munculnya iritasi kulit beragam, seperti hawa panas, pemakaian produk sabun, tidak cocok memakai produk perawatan wajah, gigitan serangga dan parfum. 

Hal ini menyebabkan kulit menjadi panas, gatal, kemerahan dan terasa tidak nyaman. Berikut beberapa cara mengatasi masalah iritasi kulit yang bisa Anda coba di rumah dilansir dari cnfstore.com

1. Kompres dengan es

Cara pertama mengatasi iritasi kulit adalah kompres dengan es. Munculnya Iritasi kulit berupa ruam kemerahan yang disertai gatal bisa diatasi dengan cara kompres menggunakan es.

Balut es pada kain dan kompres pada kulit yang ter-iritasi. Selain mampu meredakan rasa gatal, kompres es akan memberikan sensasi dingin yang menenangkan pada kulit.

2. Pakai pelembap kulit

Cara mengatasi masalah iritasi kulit selanjutnya adalah pakai pelembab kulit. Krim pelembap berfungsi untuk mengembalikan tekstur alami kulit saat mengalami kering bersisik. Pilih kandungan pelembab, seperti shea butter dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.

Kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk meregenerasi kulit, sehingga mampu mengobati ruam kemerahan, mencegah tanda penuaan dini, dan melembapkan kulit.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan produk body lotion dan body soap yang memiliki kandungan kelembapan tinggi bagi kulit.

3. Minyak zaitun

Punya minyak zaitun di rumah? Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk perawatan kulit iritasi. Minyak zaitun dikenal dengan kandungan vitamin E yang bisa membantu menyembuhkan dan meregenerasi kulit.

Kandungan antioksidannya juga mampu menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal. Perlu dicatat bahwa homemade therapy ini hanya cocok untuk jenis kulit tertentu. 

Baca Juga: Promo PegiPegi Hotel Urbanview, SANS, dan Sunera, Nikmati Diskon Hotel 55%

4. Masker oatmeal

Cara mengatasi iritasi kulit dengan bahan alami adalah menggunakan masker oatmeal. Oatmeal atau havermut ini mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu meredakan rasa gatal dan iritasi pada kulit akibat terkena alergi, cacar, dan sunburn. 

5. Jaga asupan nutrisi

Cara mengatasi iritasi kulit berikutnya dengan menjaga asupan nutrisi. Perbanyak konsumsi air putih, air kelapa, sayuran hijau, melon, timun, dan biji-bijian yang baik untuk kesehatan kulit.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, cokelat, dan kopi yang bisa mengiritasi kulit. Selain itu, hindari mengonsumsi alkohol yang memicu kulit kering, ruam kemerahan, dan gatal-gatal. 

6. Menjaga kebersihan tempat tidur

Cara mengatasi iritasi kulit lainnya adalah menjaga kebersihan tempat tidur. Jaga kebersihan lingkungan sekeliling Anda dari berbagai kotoran dan debu yang menempel.

Terlebih rutin bersihkan sprei dan sarung bantal yang menjadi sarang bakteri. Gantilah alas tidur dan sarung bantal Anda minimal seminggu sekali tanpa harus menunggu kulit terasa gatal-gatal. 

Nah, itulah cara mengatasi berbagai masalah iritasi kulit yang bisa Anda coba di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News