HOME, AturUang

Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

MOMSMONEY.ID - Perencanaan keuangan yang matang perlu dilakukan dalam kehidupan berkeluarga. Dengan melakukan perencanaan keuangan dalam rumah tangga dapat memudahkan mencapai tujuan finansial tanpa memberikan risiko yang besar terhadap tujuan lainnya. 

Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id pun membagikan beberapa tips perencanaan keuangan untuk rumah tangga. Berikut tipsnya:

1. Mencatat arus keluar masuk keuangan.
Mencatat keuangan secara rapi adalah hal yang paling penting untuk menjaga keuangan rumah tangga. Menurut Benny, mencatatkan rincian setiap pemasukan dan pengeluaran dilakukan agar tetap menjaga pengeluaran yang semakin terkontrol.

"Tentunya, melakukan pencatatan keuangan pun juga turut dikomunikasikan bersama pasangan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman," ujar Benny.

2. Memasukkan dana dalam amplop harian
Benny juga mengatakan memisahkan dana untuk kebutuhan harian atau kebutuhan rumah tangga perlu diaplikasikan. Ini agar pengeluaran rumah tangga tetap mengikuti perencanaan awal.

Menurutnya, kebutuhan belanja bulanan, biaya sekolah, hingga dana darurat dan investasi perlu dipisahkan atau dibagi ke tempat-tempat yang berbeda. Dengan melakukan langkah ini, kebutuhan mana yang belum mencapai target bisa diukur, serta menghindari adanya pengeluaran lain yang tidak sesuai perencanaan.

Baca Juga: Orang Tua Harus Tahu! Ini Dia Ciri-Ciri Anak Manipulatif dan Tips untuk Mengatasinya

3. Minimalisir penggunaan kartu kredit
Penggunaan kartu kredit yang berlebihan akan memberikan efek yang serius pada perencanaan keuangan rumah tangga. Dalam penggunaan kartu kredit, lebih baik memilih produk dengan penawaran cicilan sebesar 0%. Atau setidaknya, tidak melebihi 30% dari dana kartu kredit setiap bulannya. Namun lebih baik untuk belanja sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan rumah tangga saja.

4. Berburu barang diskon
Berburu barang diskon menjadi cara bijak berhemat. Namun, perlu juga memperhatikan perbandingan harga produk yang ingin dibeli di tempat lain. Perlu dilihat juga kondisi produk, dan alasan untuk membeli produk itu. "Jangan sampai dengan penawaran diskon membuat Anda melakukan sebuah pembelian yang tidak terencana dan mengakibatkan budget keuangan rumah tangga Anda terkena imbasnya," ujar Benny.

5. Memiliki proteksi
Supaya perencanaan keuangan rumah  tidak terganggu, adalah dengan memastikan adanya proteksi berupa asuransi kesehatan atau jiwa  serta proteksi untuk kendaraan.

Menurut Benny, dengan menyisihkan sejumlah anggaran guna memiliki proteksi asuransi, bisa meminimalisir dan menghindari pengeluaran yang tidak terencana terhadap kemungkinan risiko yang dapat terjadi. Benny pun mengatakan berbagai pilihan proteksi asuransi beragam dan sesuai dengan kebutuhan tersedia di Lifepal.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News