HOME, Keluarga

Ini 5 Tips Membuat Hewan Peliharaan Bahagia Bersama Anda

Ini 5 Tips Membuat Hewan Peliharaan Bahagia Bersama Anda

MOMSMONEY.ID - Memelihara hewan memang menyenangkan dan menghibur Anda saat kesepian. Namun, jangan lupa bahwa sebagai pemilik, Anda harus bertanggung jawab untuk mengurus semua kebutuhan mereka mulai dari makanan, kebersihan, kesehatan, hingga kebahagiaannya.

Membahagiakan hewan peliharaan tidak sulit kok, Mom. Secara umum, hewan menyukai rutinitas sehari-hari. Mereka suka hal-hal sibuk yang membuatnya tak merasa bosan di rumah. Maka, penting untuk selalu memperhatikan kegiatan mereka dan membuatnya senang. Selain itu, ada cara-cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat hewan bahagia. Dilansir dari Wikihow.com, berikut 5 tips membahagiakannya.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Hewan Pengerat yang Aman Dipelihara

Memberinya Perhatian dan Kasih Sayang

Sebagai pemilik dan teman hidupnya, hewan peliharaan tentu akan menggantungkan diri dengan Anda. Mereka akan depresi bila dibiarkan sendirian dan Anda terus-terusan mengabaikannya. Oleh karena itu, sesekali menghabiskan waktu bersama dan memberikan perhatian akan membuat mereka bahagia. Anda dapat memberikan perhatian dengan duduk bersama mereka, berbicara dengannya, membelai, dan memeluknya.

Memberinya Makanan yang Terbaik

Hewan peliharaan sangat menyukai sesi makan. Memberinya makanan yang enak dan bergizi akan membuat mereka bahagia dan sehat. Selain itu, tanpa Anda sadari juga, hewan peliharaan akan selalu mengingat Anda karena selalu memberikan makanan kepadanya. Makanan selalu menjadi kesempatan yang baik untuk membuat hewan bahagia dan menyukai Anda.

Mengajaknya Bermain

Banyak orang memilih memelihara kucing karena mereka tidak perlu diajak jalan-jalan atau dikeluarkan seperti memelihara anjing. Namun, kucing juga membutuhkan banyak perhatian dan stimulus energi. Maka, mengajaknya bermain adalah keharusan. Mengajaknya bermain akan membuat kucing senang dan menghilangkan rasa bosannya di dalam rumah. Bermain juga membuat tidur kucing menjadi lebih nyenyak. Habiskan paling tidak 15-30 menit sesi bermain setiap hari.

Anda tak harus mengajaknya bermain setiap waktu. Jika hari itu Anda sangat sibuk sehingga tak bisa meluangkan waktu, Anda dapat memberinya mainan untuk dimainkan sendiri. Seperti boneka, tikus-tikusan, bola kecil, dan sebagainya.

Baca Juga: Tak Boleh Sembarangan, Ini Cara yang Benar Menangani Burung Peliharaan

Membiarkan Hewan Bebas di Dalam Rumah

Hewan aktif seperti kucing dan anjing tidak terlalu menyukai kehidupan di dalam kandang terus-menerus. Membiarkan mereka dipelihara di dalam rumah tanpa kadang akan membuat mereka bebas dan bahagia. Mereka akan menjadi peliharaan dan teman yang baik selama Anda mengasuhnya dengan baik. Membiarkannya bebas di dalam rumah juga akan membentuk ikatan yang lebih dekat dengan Anda dan seluruh anggota keluarga di rumah.

Menyediakan Tempat Tinggal yang Aman dan Nyaman

Selama memelihara hewan, pastikan tempat tinggal Anda aman untuknya. Aman ini tak hanya dari hewan-hewan liar atau predatornya, tetapi juga hal-hal yang membahayakan seperti kabel listrik, obat-obatan, tanaman beracun, bahan kimia, dan lain-lain.  

Menyediakan tempat tinggal yang nyaman juga disarankan. Jika hewan peliharaan Anda tidak menyukai kandang, Anda dapat memberikannya tempat tidur yang nyaman dengan bantalan yang empuk dan hangat.

Hewan seperti kucing juga menyukai tempat-tempat yang tinggi untuk bersantai, sehingga pohon-pohonan kucing bisa Anda sediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News