HOME, Keluarga

Ini 5 Tips Berkenalan dengan Kucing Baru

Ini 5 Tips Berkenalan dengan Kucing Baru

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin menyukai kucing dan mencintai mereka. Akan tetapi, kucing tidak tahu apakah Anda mencintai mereka dan bagaimana rasa cinta itu diberikan untuknya. Kucing sering menghindar dari orang asing yang terlalu terbuka. Kucing tidak menyukai kejutan atau perasaan cinta terang-terangan yang membuat mereka merasa tak nyaman, seperti dipeluk, digendong, atau diciumi dengan gemas. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa yang lebih disukai kucing dalam berkenalan saat pertama kali bertemu.  

Jangan Terburu-buru dan Memaksa Kucing Berinteraksi

Saat berinteraksi dengan kucing mana pun, cobalah untuk memberi mereka pilihan kapan dan bagaimana mereka ingin berinteraksi dengan Anda. Misalnya, selalu izinkan mereka melakukan langkah pertama dengan memulai kontak apa pun dengan Anda. Berinteraksilah dengan perlahan, lembut, dan tidak terburu-buru. Sebab, memaksa kucing untuk berinteraksi dengan Anda akan membuatnya kewalahan, stres, dan ketakutan.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Anda Bau Mulut? Waspada! Ini Kemungkinan Penyebabnya

Biarkan Mereka Datang Kepadamu

Jika Anda baru pertama kali bertemu dengan kucing, jangan pernah langsung menghampiri dan mengulurkan tangan ke wajah kucing. Dilansir dari Get Your Pet, mereka mungkin menganggap ini sebagai isyarat yang mengancam. Sebaliknya, biarkan kucing datang kepada Anda, dengan langkahnya sendiri. Dekati mereka kemudian cara yang tidak mengejutkan atau membuat mereka khawatir. Gerakan kecil dan lambat akan bekerja lebih baik saat bertemu dengan kucing baru.

Duduk atau Samakan Ketinggianmu dengan Si Kucing

Dengan mengambil posisi duduk dan menyemakan ketinggian Anda dengan kucing, akan membangun kepercayaan di antara Anda dan kucing. Dengan memiliki level ketinggian yang sama, Anda akan menghilangkan ebberapa ketakutan awal kucing.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Kucing Peliharaan

Ulurkan Tanganmu dan Biarkan Dia Mengendusnya

Setelah kucing datang kepada Anda, jangan mencoba mengelusnya terlalu cepat. Dilansir dari Cat Time, Anda dapat mengulurkan tangan kepada mereka. Buku-buku jari, misalnya. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk mengendus tangan Anda dan membiasakan diri dengan aroma Anda.

Kemudian, mereka mungkin akan mendorong tangan Anda dengan kepala mereka. Gesekkan lembut ini menjadi pertanda bahwa mereka sedang memberi Anda aroma mereka sendiri dan menandai bahwa Anda tidak berbahaya untuk mereka.

Permainan Pendahuluan

Jika kucing sudah aman dengan kehadiran Anda, Anda bisa mengajaknya bermain dengan permainan sederhana. Waktu bermain yang melibatkan menguntit dan menangkap adalah yang terbaik. Anda dapat menggunakan mainan tongkat bulu atau dengan bola kertas yang Anda gelindingkan ke arahnya. Ini akan membuat kucing senang karena seseorang mengajaknya bermain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News