HOME, Keluarga

Ini 5 Sayuran yang Aman Diberikan untuk Burung Peliharaan

Ini 5 Sayuran yang Aman Diberikan untuk Burung Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Burung peliharaan perlu mendapat pilihan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan kesehatannya, seperti bulu dan kulit.

Pemilik, utamanya harus memberikan makanan dasar yang tersedia secara komersial, yakni palet bernutrisi lengkap yang telah diformulasikan untuk burung.

Namun, burung juga harus mendapatkan makanan tambahan lain dari berbagai makanan segar, seperti buah dan sayuran.

Buah dan sayuran adalah sumber karbohidrat, vitamin, dan mineral yang baik. Namun, dilansir dari Petmd, produk segar ini tidak boleh diberikan lebih dari 15-30% makanan utamanya.

Makanan segar harus sudah dicuci dengan baik dulu dan dipotong-potong sesuai ukuran burung agar mudah dikonsumsinya. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut 5 sayuran yang aman dimakan burung.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kucing Peliharaan Sedang Stres

Brokoli

Brokoli lebih dari sekadar lezat untuk burung peliharaan Anda. Brokoli dapat memberi mereka beberapa jenis nutrisi yang mungkin mereka lewatkan selama berada di penangkaran, terutama vitamin D.

Burung peliharaan seringkali kekurangan nutrisi penting ini kecuali jika dilengkapi. Memberinya brokoli akan menjadi cara yang baik untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang cukup dalam makanannya.

Wortel

Wortel adalah makanan favorit banyak burung peliharaan. Wortel mengandung betakaroten tingkat tinggi yang merupakan bentuk awal dari vitamin A dan dapat membantu mendukung kesehatan mata yang optimal. Pastikan untuk memberikan wortel yang sudah dicuci, dipotong, dan dalam kondisi mentah ya, Moms.

Baca Juga: Jangan Sembarang Memberi Makanan untuk Kelinci, Ini Aturannya

Bayam

Jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung juga merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat burung.

Sayuran ini penuh nutrisi dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung. Ini juga pilihan menu yang tepat untuk mengatasi obesitas pada burung, seperti yang terjadi pada spesies kakaktua dan burung beo amazon.

Kacang Polong

Kacang polong adalah pilihan selanjutnya. Ini tak hanya bernutrisi bagi mereka, tetapi memakannya adalah hal yang menarik karena burung perlu mengupas ke dalam bijinya. Jadi, jangan menghalangi burung untuk menikmati permainan dengan makanannya.

Paprika

Tak perlu khawatir karena paprika aman untuk dikonsumsi burung. Burung tidak memiliki sensor rasa pedas seperti yang dimiliki manusia dan mereka kebal terhadap capsaicin, sehingga tidak bisa membedakan rasa pedas.

Bijinya juga aman dimakan. Mereka juga tidak masalah untuk memakan cabai sesekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News