HOME, Bugar

Ini 5 Penyebab Penyakit Sinusitis yang Sering Disepelekan

Ini 5 Penyebab Penyakit Sinusitis yang Sering Disepelekan

MOMSMONEY.ID - Belum banyak yang tahu jika sinusitis ternyata disebabkan oleh virus di udara. Penyakit yang satu ini bisa diidap siapa saja jika sistem imunnya sedang lemah.

Biasanya sinusitis ini akan diawali dengan virus flu. Akibatnya, virus ini akan membuat lendir menjadi kental sehingga sulit dikeluarkan dengan lancar.

Penumpukan lendir akibat infeksi virus bisa berkembang menjadi infeksi bakteri. Inilah yang menyebabkan seseorang bisa terkena sinusitis.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Alami Melancarakan Buang Air Besar

Selain itu, dilansir dari Everyday Health, berikut ini adalah beberapa hal penyebab sinusitis yang sering disepelakan dan perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Infeksi virus

Penyebab sinusitis yang pertama adalah karena infeksi virus. Sinusitis yang diakibatkan oleh infeksi virus biasanya dimulai ketika Anda mengalami flu atau pilek.

Infeksi virus ini menyebabkan dinding sinus mengalami pembengkakan, sehingga menyumbat ostium yang seharusnya menjadi tempat keluarnya lendir. 

2. Alergi

Penyebab sinusitis yang kedua adalah alergi. Alergi debu, serbuk sari, tungau, dan bulu hewan dapat menyebabkan rhinitis alergi.

Kondisi ini menyebabkan pembengkakan dinding hidung sehingga menyumbat ostium. Di samping itu, alergi juga dapat meningkatkan produksi lendir.

Kombinasi kedua kondisi ini menyebabkan lendir berlebih menumpuk di dalam sinus. Akibatnya, bakteri jadi lebih mudah tumbuh dan terjadilah sinusitis.

3. Udara kering

Penyebab sinusitis yang ketiga akibat udara kering. Udara yang kering dapat mengakibatkan lendir menjadi kental.

Hal ini akan menyebabkan lendir lebih sulit untuk keluar dari sinus. Penumpukan lendir inilah yang pada akhirnya dapat menjadi penyebab sinusitis.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

4. Infeksi bakteri

Penyebab sinusitis yang keempat adalah infeksi bakteri. Meski jarang, infeksi bakteri juga bisa menjadi penyebab sinusitis.

Bakteri yang masuk ke hidung dapat menyebabkan produksi lendir berlebih sehingga terjadilah penumpukan lendir yang susah dikeluarkan di dalam sinus.

5. Polip hidung

Penyebab sinusitis yang kelima adalah polip hidung. Di mana pun lokasinya, massa polip bisa saja menyebabkan tersumbatnya ostium dan menghalangi keluarnya lendir dari sinus.

Penumpukan lendir ini dapat menyebabkan peradangan yang pada akhirnya memicu sinusitis.

Jika sinusitis tidak kunjung membaik meski telah menggunakan obat-obatan, dokter bisa merujuk Anda ke dokter spesialis THT.

Pada beberapa kasus, dokter juga mungkin akan merekomendasikan operasi untuk mengeluarkan nanah dan melancarkan aliran lendir dari sinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News