HOME, Keluarga

Ini 5 Penyebab Kucing Kesayangan Anda Muntah-Muntah Setelah Makan

Ini 5 Penyebab Kucing Kesayangan Anda Muntah-Muntah Setelah Makan

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin akan terkejut saat menemukan kucing Anda tiba-tiba mengalami muntah-muntah. Apalagi kucing tak menunjukkan gejala sakit lain, tetap aktif, sehat, dan bahkan dia baru selesai menyantap makanannya. Anda tentu bertanya-tanya apa penyebabnya, bukan?

Muntah adalah masalah umum yang dialami kucing dan bisa terjadi karena beberapa penyebab. Namun, Anda tak boleh mengabaikannya meskipun muntah yang dialami kucing peliharaan tidak terlalu sering atau parah. Sebab, bisa jadi, ini adalah awal dari sebuah masalah kesehatannya.

Baca Juga: Cek Kondisi Kesehatan Pencernaan Hewan Peliharaan Kesayangan Melalui Fesesnya

Kali ini, dilansir dari Webvets.com, ada beberapa penyebab kucing mengalami muntah bahkan setelah makan. Yuk, simak!

Makan Terlalu Banyak

Ini adalah penyebab yang paling umum. Kucing yang terlalu banyak makan dengan cepat dapat mengalami muntah karena memicu refleks peregangan di perut.

Kucing akan segera memuntahkan makan dan itu semua adalah makanan yang tak bisa tercerna. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengukur seberapa porsi makanan kucing yang pas, tidak terlalu sedikit, atau terlalu banyak.  

Aktif Setelah Makan

Jika kucing Anda baru saja makan dan kemudian aktif bermain, maka ini dapat menyebabkan isi perutnya naik ke atas dan muntah. Tahanlah kucing Anda untuk bermain setelah makan. Ini seperti Anda mengasuh anak-anak manusia yang bermain setelah makan. Setelah makan, aturlah kucing Anda untuk tenang beberapa saat. Ini akan membantu proses pencernaannya bekerja setelah makan.

Baca Juga: Ini 5 Hewan Pengerat yang Aman untuk Dipelihara di Rumah

Alergi Makanan

Siapa bilang kucing tidak bisa alergi makanan? Alergi makanan pada kucing dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Akibatnya, kepekaan terhadap alergi tersebut menyebabkan kucing menjadi muntah-muntah.

Namun, Anda tak boleh sembarangan langsung mengganti jenis makanannya karena bisa jadi itu akan memperburuk kondisi kucing. Segera konsultasikan ke dokter hewan untuk mendiagnosis masalah mendasar yang menyebabkan kucing muntah karena alergi.

Makan Rumput

Barangkali Anda tak pernah tahu apa yang dilakukan kucing selama jauh dari pengawasan Anda. Mungkin dia baru saja makan rerumputan yang ada di pekarangan atau di dalam rumah yang menyebabkannya muntah-muntah seusai makan.

Anda dapat memeriksanya di muntahan kucing, apaah benar ada rumput di sana? Sebenarnya Anda tak perlu khawatir. Terkadang rumput baik untuk kucing untuk mengatasi masalah perutnya, tetapi Anda harus berhati-hati jika muntah terjadi terus-menerus.

Masalah Kesehatan

Kucing yang mengalami masalah kesehatan seperti sembelit, akan mengalami buang air besar keras dan kering. Dia mungkin juga akan mengalami konstipasi dan mutah karena merasa kembung dan tersumbat. Jika Anda tak menemukan penyebab lain, Anda dapat memeriksakannya ke dokter hewan.

Selanjutnya: Jarang Diketahui, 6 Ras Kucing Ini Mengalami Mutasi Genetik yang Merugikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News