HOME, Bugar

Ini 5 Penyebab Kanker Lambung yang Perlu Anda Ketahui

Ini 5 Penyebab Kanker Lambung yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kanker perut atau kanker lambung sampai saat ini masih belum diketahui pasti penyebabnya. Sebelumnya, kenali terlebih dahulu penjelasan kanker perut berikut ini.  

Kanker perut adalah penyakit yang disebabkan akibat munculnya sel abnormal yang tidak terkendali. Perubahan ini membuat sel abnormal muncul dan tumbuh secara tidak terkendali.  

Sel kanker bisa menyerang lapisan perut, mulai dari mukosa, submukosa, muscularis propria, hingga lapisan terluar pembungkus perut, dikutip dari Cancer Care.

Baca Juga: Catat! Inilah Sederet Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Cancer Care dan Very Well Fit, ada beberapa penyebab kanker perut yang perlu diwaspadai, antara lain:  

1. Infeksi bakteri

Penyebab kanker perut yang perlu diketahui pertama adalah infeksi bakteri. Waspada terhadap paparan infeksi yang dialami.  

Infeksi Helicobacter pylori yang tidak diatasi dengan baik dapat meningkatkan risiko kanker perut terutama di bagian bawah perut.   

2. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Penyebab kanker perut yang perlu diketahui kedua adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker perut.  

Selain itu, seseorang dengan kebiasaan merokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker perut dibandingkan orang yang tidak merokok.  

3. Riwayat keluarga dengan kanker perut

Penyebab kanker perut yang perlu diketahui ketiga adalah memiliki keluarga yang beriwayat kanker perut.   

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dekat mengalami kanker perut, Anda berisiko lebih tinggi mengalami penyakit serupa dibandingkan yang tidak memiliki riwayat keluarga.  

Baca Juga: Tidak Sembarangan, Inilah 5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

4. Pola diet yang kurang tepat

Penyebab kanker perut yang perlu diketahui keeempat adalah pola diet yang kurang tepat. Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika menjalankan pola diet sehat dengan tepat.  

Sebaiknya tanyakan langsung pada dokter untuk mengetahui jenis diet yang tepat untuk kesehatan Anda agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya kanker perut.  

5. Obesitas

Penyebab kanker perut yang perlu diketahui terakhir adalah obesitas. Sebaiknya waspada terhadap kondisi berat badan yang berlebihan.  

Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko munculnya sel kanker pada bagian atas perut dekat dengan kerongkongan.  

Itulah beberapa hal yang menyebabkan kanker perut yang harus diwasapadai. Untuk menurunkan risiko kanker perut, Anda bisa memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News