HOME, Keluarga

Ini 5 Penyebab Anjing Suka Melolong pada Malam Hari

Ini 5 Penyebab Anjing Suka Melolong pada Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mendengar anjing peliharaan melolong? Anda tak perlu khawatir mengenai lolongan anjing karena ini adalah insting alaminya. Melolong merupakan salah satu cara anjing berkomunikasi, baik dengan Anda maupun sesamanya.

Anjing melolong bukan berarti tanpa alasan ya, Mom. Beberapa anjing bahkan melolong untuk merespons suara bernada tinggi seperti sirene atau alat musik. Namun, ada beberapa hal yang harus diwaspadai jika anjing melolong berlebihan, bahkan di tengah malam. Ini bukan karena anjing merasakan kehadiran hantu ya Mom, tetapi ada kemungkinan anjing Anda sedang dalam masalah.

Baca Juga: Ingin Melatih Anjing? Coba Ajarkan 6 Perintah Dasar Ini

Tentunya, ada alasan medis di balik lolongan anjing Anda. Untuk membantu Anda mencari tahu, berikut beberapa penyebab anjing suka melolong pada malam hari.

Kesepian

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat sosial. Mereka suka menghabiskan waktu bersama pemilik dan anggota keluarganya. Anjing yang terbiasa hidup ramai, akan merasa kesepian jika ditinggalkan sendirian. Inilah yang barangkali menyebabkannya melolong sepanjang malam saat semua orang pergi tidur.

Anda perlu memperhatikan kondisi ini mengenai apakah anjing mengalami masalah tidur atau tidak. Kesepian yang dibiarkan juga dapat berkembang menjadi gangguan kecemasan yang dapat menyiksa peliharaan Anda.

Gangguan Kecemasan

Saat anjing stres, merasa tertekan, gelisah, dan cemas, mereka akan melolong dengan ribut. Anjing yang trauma akan perpisahan juga akan melakukan lolongan untuk mengekspresikan emosi frutasinya. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan mainan untuk menghibur anjing Anda. Melatihnya untuk tenang berada di rumah saat sendirian juga diperlukan. Ini akan membantu anjing lebih tenang dan mengatasi kecemasannya saat Anda tak sedang bersamanya.

Baca Juga: Atasi Stres Anda dengan Memelihara Salah Satu dari 6 Jenis Hewan Ini

Masalah dengan Lingkungan Tidurnya

Penyebab anjing melolong pada malam hari bisa jadi karena masalah dengan kamar tidurnya. Mungkin kamarnya terlalu panas, alas tidur terlalu keras, pencahayaan terlalu terang, terlalu berisik, dan sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda selalu memastikan anjing mendapatkan ruang tidur yang nyaman dan dia menyukainya. Ini akan membuatnya tenang di malam hari dan ikut tertidur seperti manusia lainnya yang tinggal dalam satu rumah.

Anjing Terluka

Dilansir Pawcastle.com, jika seekor anjing terluka atau sakit, dia akan melolong sebagai tanda ketidaknyamanannya atau rasa sakit. Lolongan karena sakit tidak selalu terjadi saat malam hari, tetapi kapan pun saat anjing merasa sakit. Jika ini terjadi, periksalah di bagian tubuh luarnya. Jika Anda tak menemukannya, bisa jadi anjing mungkin sedang tidak enak badan atau mengalami cedera dalam. Untuk mengetahuinya, periksakan kondisi ini ke dokter hewan.

Mendengar Anjing Lain Melolong

Selain suara sirine dan musik, anjing akan melolong ketika mendengar anjing lain melolong. Anda tak pernah tahu arti lolongan sebenarnya yang dilakukan oleh para anjing. Akan tetapi pada umumnya, lolongan anjing kepada anjing lain bisa berarti untuk memperingatkan tentang lokasinya atau memperingatkan mereka tentang hal lain. Sebab, jika salah satu anjing melolong, anjing yang lainnya akan membalas lolongannya, dan begitu seterusnya dengan anjing lain.

Selanjutnya: Peringatan! Makan Cokelat Dapat Tingkatkan Denyut Jantung Anjing Peliharaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News