HOME, Bugar

Ini 5 Obat Kutu Rambut Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Ini 5 Obat Kutu Rambut Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

MOMSMONEY.ID - Kutu rambut adalah sejenis serangga kecil yang mengisap darah dari kulit kepala manusia. Kutu ini paling sering ditemukan pada anak-anak. 

Untuk mengatasinya terdapat beberapa obat kutu rambut anak alami yang bisa dicoba di rumah. Gejalanya pun dapat mengganggu aktivitas, baik di sekolah maupun di rumah. 

Gejala tersebut dapat berupa gatal-gatal, luka di kulit kepala, benjolan merah, hingga munculnya telur kutu di rambut.  

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, Inilah beberapa obat kutu rambut alami yang bisa Anda coba di rumah, antara lain : 

1. Bawang putih

Obat kutu rambut alami yang bisa Anda coba di rumah pertama adalah bawang putih. Bahan tersebut adalah bawang putih, si penyedap makanan yang disukai banyak orang. 

Kutu rambut dinilai tidak suka dengan bawang putih. Itulah sebabnya, obat kutu rambut ini diklaim ampuh untuk mengatasinya. 

Campurkan 8-10 siung bawang putih dengan air lemon, kemudian digiling dan oleskan di kulit kepala anak. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. 

2. Soda kue

Obat kutu rambut alami yang bisa Anda coba di rumah kedua adalah soda kue. Soda kue bisa sebagai obat kutu rambut karena dianggap mampu mematikan sistem pernapasannya. 

Untuk menggunakannya, campurkan soda kue dengan kondisioner rambut, lalu oleskan ke rambut anak hingga menyeluruh. 

Setelah itu, Anda bisa menyisir rambut anak untuk membersihkan kutu rambut yang sudah mati, kemudian membilasnya dengan sampo antikutu rambut agar kutu tidak kembali lagi. 

3. Minyak zaitun

Obat kutu rambut alami yang bisa Anda coba di rumah ketiga adalah minyak zaitun. Sebab, obat kutu rambut anak ini dapat membuat kutu tidak bisa bernapas dan bertelur di kepala. 

Oleskan minyak zaitun ke rambut dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan kutu yang sudah mati dengan sisir, lalu bilaslah rambut sampai bersih. 

Baca Juga: Inilah Manfaat Rutin Mengonsumsi Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

4. Tea tree oil

Obat kutu rambut alami yang bisa Anda coba di rumah keempat adalah tea tree oil. Tea tree oil ini kerap dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kutu rambut pada anak. 

Cara menggunakannya juga mudah. Campurkan minyak ini dengan air putih, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. 

Setelah itu, semprotkan ke rambut anak hingga menyeluruh, kemudian tutup rambutnya dengan handuk. Jangan lupa untuk membilas rambut anak dengan sampo setelahnya.  

5. Campuran garam dan cuka

Obat kutu rambut alami yang bisa Anda coba di rumah terakhir adalah campuran garam dan cuka. Sementara itu, cuka dapat mencegah telur kutu menempel di rambut. 

Masukkan campuran garam dan cuka ke dalam botol, kemudian semprot ke rambut anak hingga menyeluruh. Setelah itu, bilaslah sampai bersih. 

Itulah beberapa obat kutu rambut alami yang bisa Anda coba di rumah, namun sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum mencoba berbagai obat kutu alami ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News