Keluarga

Ini 5 Manfaat Pisang Jika Dikonsumsi Setiap Hari, Catat Ya!

Ini 5 Manfaat Pisang Jika Dikonsumsi Setiap Hari, Catat Ya!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari di sini.

Pisang merupakan salah satu buah yang lezat dan kaya nutrisi. Menurut USDA, dalam satu buah pisang ukuran sedang mengandung sebagai berikut:

  • Kalori: 105
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula: 14 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak total: 0 gram
  • Natrium: 1,18 mg
  • Kalium: 422mg

Berkat nutrisi-nutrisi tersebut, Anda akan mendapatkan beragam manfaat kesehatan dari pisang terutama jika dikonsumsi setiap hari.

Melansir EatingWell, ada 5 manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari yang harus Anda tahu. Inilah penjelasannya.

Baca Juga: Prosa.ai, Aplikasi AI Bantu Pekerjaan Karyawan

1. Meningkatkan asupan serat

Manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari yang pertama yaitu meningkatkan asupan serat.

Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat. Serat sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membuat perut kenyang lebih lama.

Pektin, sejenis serat tertentu yang ditemukan dalam pisang, dapat membantu tubuh membuang limbah dengan lebih efektif. Saat pisang matang, kandungan pektinnya cenderung hilang. Jadi, pisang yang lebih hijau atau agak matang adalah sumber pektin yang lebih baik daripada pisang yang terlalu matang, menurut penelitian tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal PLos One.

Pisang juga mengandung sejenis serat makanan yang disebut pati resisten, yang bertindak sebagai prebiotik untuk memberikan bakteri menguntungkan pada usus. Tatkala usus dalam kondisi sehat, itu akan menyebabkan peradangan yang lebih rendah, risiko penyakit yang lebih rendah, dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari yang kedua yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Pisang dikenal sebagai sumber kalium yang baik, di mana satu buah pisang ukuran sedang mengandung 422 miligram kalium. Jumlah ini adalah 9% dari asupan kalium harian yang direkomendasikan, menurut FDA.

Saat tubuh mendapatkan asupan kalium yang cukup dari makanan, itu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Adapun tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular. Sehingga, mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang setiap hari sangat disarankan guna menjaga kesehatan jantung dan menjauhkannya dari penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi risiko penyakit kronis

Manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari yang ketiga yaitu mengurangi risiko penyakit kronis.

Pisang kaya akan senyawa yang memiliki sifat antioksidan, menurut penelitian tahun 2022 di International Journal of Food Properties. Menariknya, artikel tahun 2019 di Journal of Food Science and Technology menyatakan bahwa pisang memiliki kapasitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan beberapa buah beri, herba, dan sayuran, sehingga dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari stres oksidatif pada tubuh.

Perlu Anda tahu bahwa stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan dan merusak jaringan tubuh. Jika hal ini terus berlanjut seiring bertambahnya usia, itu dapat menyebabkan peradangan kronis yang berkontribusi pada munculnya penyakit jantung, diabetes, kanker, dan banyak lagi.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti pisang, itu dapat membantu menyediakan alat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membantu mencegah peradangan.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Mengontrol Minyak Berlebih, Wajah Bebas Kilap!

4. Mempertahankan berat badan yang sehat

Manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari yang keempat yaitu mempertahankan berat badan yang sehat.

Pisang dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Saat Anda merasa kenyang di antara waktu makan, itu akan mengurangi kemungkinan mengidam dan mencegah peningkatan kalori harian yang seiring waktu dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Meskipun tidak ada bukti bahwa pisang secara langsung berkontribusi pada penurunan berat badan, namun pisang merupakan pilihan makanan yang mudah didapat serta bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam pola makan bergizi untuk menurunkan berat badan.

Faktanya, penelitian tahun 2023 yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan keberhasilan penurunan berat badan yang lebih besar. Tentunya, ini adalah kabar baik, mengingat pisang berukuran sedang menyumbang 3 gram serat dari total serat harian.

5. Meningkatkan energi

Manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari yang kelima yaitu meningkatkan energi.

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat sendiri adalah bahan bakar utama tubuh untuk produksi energi. Menurut artikel tahun 2019 yang diterbitkan di Journal of Food Science and Technology, pisang juga mengandung vitamin B seperti vitamin B3, B6, dan B12 yang membantu enzim dalam tubuh melepaskan energi dari karbohidrat yang Anda makan agar tersedia untuk digunakan oleh tubuh.

Pisang dapat menjadi bagian dari makanan atau camilan sehat dan paling baik dikonsumsi bila dipadukan dengan lemak dan/atau protein sehat. Hal ini karena karbohidrat dicerna lebih cepat dibandingkan protein atau lemak. Akibatnya, jika karbohidrat dikonsumsi sendiri, itu dapat membuat gula darah melonjak dan kemudian turun drastis.

Apabila Anda mengombinasikan pisang dengan lemak atau protein sehat seperti segenggam almond atau secangkir greek yogurt, itu akan membantu memperpanjang energi yang disediakan pisang dan menjaga gula darah Anda lebih stabil.

Demikian 5 manfaat pisang jika dikonsumsi setiap hari. Luar biasa kan, Moms?

Selanjutnya: Reinvestasi Dividen Tergantung Situasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News