CLOSE [X]
ads

Ini 5 Manfaat Memindahkan Tanaman (Repotting) ke Pot Tanaman Baru

Sumber: SFGate,SFGate
Rabu, 22 Juni 2022 | 05:10 WIB
Ini 5 Manfaat Memindahkan Tanaman (Repotting) ke Pot Tanaman Baru


MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis perawatan tanaman yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanaman di rumah tetap subur dan sehat. Ini tidak hanya sekadar menyiraminya, memberi pupuk, dan memangkas secara rutin. Akan tetapi, memindahkan tanaman ke pot yang baru (repotting) juga perlu dilakukan, lo, Mom!

Proses repotting memang tidak selalu mudah dilakukan, tetapi ini akan memberi tanaman lingkungan tumbuh yang lebih baik. Dengan memahami manfaatnya, akan membantu Anda menentukan apakah repotting adalah pilihan terbaik untuk tanaman Anda. Dilansir dari SFGate, berikut 5 manfaatnya.

Baca Juga: Ini 5 Bahan Alami dari Sampah Dapur yang Bisa Jadi Pupuk untuk Menyuburkan Tanaman

Meningkatkan Ruang Tumbuh

Alasan umum melakukan repotting adalah memberi tanaman ruang tumbuh yang lebih besar. Tanaman hias atau tanaman mana pun, pada akhirnya akan tumbuh semakin besar melebihi wadahnya. Ini akan menyebabkan akar menjadi padat dan semakin padat. Tanpa ruang yang cukup untuk akar berkembang, tanaman akan sering mengalami pertumbuhan kerdil dan bisa mati.

Dengan memindahkan tanaman ke wadah yang lebih besar, akan memungkinkan akar menyebar sambil tanaman tumbuh lebih besar. Tanda-tanda bahwa tanaman membutuhkan pot baru yang lebih besar adalah akar tumbuh melalui lubang drainase atau muncul di permukaan tanah, air mengalir melalui wadah, daun yang tampak tidak sehat, dan akar yang padat. Biasanya tanaman dalam pot ini juga menjadi semakin berat.

Mengganti Tanah dan Pot Baru

Dengan repotting tanaman, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengganti tanah yang buruk ke tanah baru yang lebih baik dan sehat. Anda juga dapat mengganti pot tanaman, yang mungkin saja sudah sangat kotor dan pecah, ke pot yang baru serta lebih besar. Dengan begitu, hama, penyakit, dan jamur yang menyusup ke dalam tanah dan mengontaminasi pot dapat dihilangkan.

Namun, untuk tanaman yang terlalu besar, Anda dapa menyegarkan tanah dengan membuang lapisan atas tanah dan mencapurkannya dengan tanah baru di atasnya. Ganti setidaknya 2-3 inci tanah setiap tahun untuk pertumbuhan yang lebih baik.

Memperbanyak Tanaman ke Pot Lain

Ketika tanaman menjadi lebih besar, Anda dapat melakukan perbanyakan tanaman. Salah satunya adalah perbanyakan stek. Sistem perbanyakan ini menggunakan cara memotong bagian tubuh tanaman untuk ditanam lagi menjadi tanaman baru lainnya. Cara stek ini dapat dilakukan menggunakan batang, daun, dan akar. Jika tanaman cocok untuk tumbuh di iklim Anda, ini akan sangat menguntungkan.

Baca Juga: Benarkah Vitamin B1 Bermanfaat untuk Tanaman? Ini Jawabannya!

Meningkatkan Estetika

Di luar manfaat kesehatan untuk tanaman, repotting terkadang juga dapat memperbaiki masalah estetika. Menanam kembali tanaman ke wadah baru memungkinkan Anda menyingkirkan pot usang yang tidak lagi sesuai dengan dekorasi Anda. Anda dapat memilih untuk memindahkan tanaman ke lokasi tanam yang lebih cocok atau ke wadah yang lebih sesuai dengan tema dekorasi terbaru Anda.

Mengecek Kondisi Kesehatan Akar

Sambil merepotting tanaman, Anda sebenarnya juga punya kesempatan untuk mengecek kondisi kesehatan akar. Ini adalah hal yang paling sering terlewatkan oleh para pemilik. Sebab, tanpa Anda sadari, tanaman mungkin memiliki masalah di bagian akarnya. Misalnya, busuk akar atau akar berjamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER