Bugar

Ini 5 Manfaat Buah Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ini 5 Manfaat Buah Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Nanas madu merupakan buah tropis yang terkenal akan kandungan enzim bromelain, terutama pada inti nanas yang cenderung tidak bisa dimakan karena keras.   

Meski demikian, enzim bromelain sangat sedikit ditemukan pada daging buah nanas madu yang biasa kita makan.  

Sebaliknya, daging buah nanas madu ini memiliki manfaat yang sayang dilewatkan oleh ibu hamil jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar.  

Nanas madu juga mengandung serat, karbohidrat, vitamin A dan K, fosfor, zinc, serta kalsium. Dalam sebuah nanas madu juga mengandung lemak, protein, dan beragam jenis zat antioksidan. 

 Baca Juga: Pasangan Kehilangan Gairah Seks? Coba Lakukan 4 Hal Ini untuk Meningkatkan Libido Pri

Dilansir dari Mayo Clinic, berdasarkan kandungan nutrisi di atas, berikut manfaat nanas madu untuk kesehatan Anda yang perlu Anda ketahui, antara lain:   

Mencegah asma

Manfaat nanas madu untuk kesehatan yang pertama adalah kandungannya mampu mencegah asma.   

Orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan beta-karoten seperti nanas madu memiliki risiko lebih rendah untuk terserang asma.  

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat nanas madu untuk kesehatan yang kedua adalah melancarkan sistem pencernaan. Nanas madu mengandung serat dan air yang dapat mencegah konstipasi.  

Kandungan bromelain pada inti nanas juga dapat menghancurkan protein sehingga kerap digunakan untuk melunakkan daging ketika dimasak.  

Mencegah kanker

Manfaat nanas madu untuk kesehatan yang ketiga adalah mampu mencegah kanker jika dikonsumsi secara tepat.   

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas madu dapat memerangi radikal bebas yang kerap dihubungkan dengan penyakit kanker.  

Beta-karoten, misalnya, dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker usus besar dan kanker prostat, meski studi lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat klaim ini.  

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari. Cari Tahu Yuk!

Meningkatkan kesuburan

Manfaat nanas madu untuk kesehatan yang keempat adalah meningkatkan kesuburan. Nanas muda juga bisa dimakan oleh Anda yang sedang menjalani program hamil. 

anas madu juga mengandung zat antioksidan seperti beta-karoten, serta berbagai vitamin dan mineral seperti copper, zinc, dan folat yang terbukti meningkatkan kesuburan pria dan wanita.  

Menyehatkan kulit

Manfaat nanas madu untuk kesehatan yang terakhir ini datang dari kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya.  

Nanas madu bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Nanas madu juga dapat membantu kulit dalam pembentukan kolagen.  

Bagi Anda yang memiliki alergi buah, serbuk sari, atau lateks disarankan tidak mengonsumsi nanas madu. Itulah beberapa manfaat nanas madu untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News