HOME, Bugar

Ini 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Gula Darah yang Tinggi

Ini 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Gula Darah yang Tinggi

MOMSMONEY.ID - Penderita gula darah tinggi atau diabetes harus mengatur pola makan agar menjaga kadar gula darah yang sehat. 

Secara umum, makanan yang paling banyak menyebabkan kadar gula darah naik adalah yang tinggi karbohidrat, seperti nasi, roti, buah-buahan, dan gula.  

Makanan tinggi protein, seperti daging, telur ikan, susu dan produk susu, serta makanan berminyak juga dapat secara signifikan meningkatkan kadar gula darah.  

Baca Juga: Berbeda dengan Pria, Inilah 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Terjadi pada Wanita

Dilansir dari The Health Site dan Healthline, berikut ini adalah beberapa makanan yang ampuh menurunkan gula darah tinggi pada tubuh, antara lain:  

1. Buah naga

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah tinggi pertama adalah buah naga. Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes.  

2. Mengkudu

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah tinggi pada tubuh kedua adalah mengkudu. Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid. 

Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.  

3. Pare

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah tinggi ketiga adalah pare. Pare memiliki kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah. 

Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak. 

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

4. Ikan tuna

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah tinggi keempat adalah ikan tuna. Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya. 

Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya. 

5. Jahe

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh kelima adalah jahe. Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba. 

Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin.  

Itulah beberapa jenis makanan yang dikenal mampu menurunkan gula darah tubuh. Jika memiliki keluhan kesehatan, Anda  juga bisa bertanya langsung pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News