HOME, Keluarga

Ini 5 Macam Bentuk Pakan Kering untuk Ikan Hias Peliharaan

Ini 5 Macam Bentuk Pakan Kering untuk Ikan Hias Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian orang, menentukan apa yang harus dimakan ikan hias peliharaan adalah hal yang cukup membingungkan. Sebab, ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan untuk ikan, tetapi belum tentu satu ikan cocok dengan satu makanan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memberi makan ikan, seperti jenis pakan, kandungan nutrisi, bahan pembuatan pakan, dan ukuran pakan untuk ikan.

Salah satu yang paling umum dan mudah ditemukan adalah makanan kering. Ini tidak hanya merupakan jenis makanan ikan yang murah, tetapi biasanya telah diformulasikan untuk jenis-jenis ikan tertentu oleh produsen pembuatnya, sehingga Anda lebih mudah menentukan jenis pakan sesuai dengan ikan yang dipelihara. Keuntungan lainnya adalah makanan kering tetap terjaga dengan baik ketika disimpan dengan benar.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tanaman Air untuk Akuarium di Rumah

Kendati demikian, makanan kering untuk ikan itu sendiri memiliki beberapa macam bentuk dan kandungan. Ini biasanya disesuaikan untuk spesies ikan yang akan mengonsumsinya. Dilansir dari Fish Lab, berikut 5 di antaranya.

Serpihan

Makanan Ikan Serpihan

Ini adalah makanan ikan yang berupa serpihan, berbentuk potongan-potongan kecil makanan ikan kertas tipis. Pakan serpihan sangat bagus untuk pengumpan permukaan dan mereka yang berenang di tengah kolom air. Serpihan ikan datang dalam berbagai varietas, dari serpih penambah warna hingga serpih yang dirancang untuk spesies ikan tertentu. Maka, pastikan Anda membaca label pakan serpihan sebelum membelinya.

Jika Anda menemukan bahwa serpihan ikan terlalu besar untuk ikan Anda, Anda dapat dengan mudah menghancurkannya menjadi potong-potongan yang lebih kecil. Namun, jangan berikan dengan berlebihan yang membuat ikan mengabaikan makanan karena kekenyangan atau memberikannya untuk ikan yang hidup di dasar akuarium. Sebab, pakan jenis serpihan sangat mudah larut dalam air, sehingga mereka kehilangan nutrisi.

Keripik

Makanan Ikan Keripik

Pakan keripik pada dasarnya adalah versi pakan serpihan yang lebih padat. Ini mungkin tidak tampak perbedaannya, tetapi ketebalan ekstra ini memberikan beberapa keuntungan, misalnya: mengapung lebih lama, larut lebih lambat, mempertahankan nutrisi lebih lama, dan memberi makan lebih bersih, serta limbah yang sedikit.

Namun, pakan keripik ini harganya lebih mahal. Lalu, ukurannya juga bisa terlalu besar untuk mulut ikan yang berukuran kecil, seperti neon tetra. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menghancurkannya dengan lembut sebelum dimasukkan ke akuarium.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Aquascape yang Tepat

Pelet

Pelet Ikan

Pelet juga disebut pakan butiran dan dirancang untuk mengantarkan makanan ke bagian mana pun ikan lebih suka makan. Artinya, ikan bisa memakan pakan pelet di permukaan air, di tengah kolom air, atau di dasar air. Oleh karena itu, ada 3 jenis pelet yang tersedia, yakni pelet terapung, pelet yang tenggelam lambat, dan pelet yang cepat tenggelam.

Tablet Tempel

Makanan Ikan Tablet

Anda mungkin punya masalah saat memberi makanan ikan yang ditaburkan di permukaan air. Baik itu ikan tidak menghampiri saat makanan dijatuhkan atau makanan yang tenggelam dan tersangkut di belakang tanaman atau dekorasi. Maka, pakan tablet tempel ini bisa menjadi solusi.

Cukup ambil tablet dan pegang ke kaca depan akuarium Anda selama beberapa detik, lalu tablet akan menempel di sisi kaca akuarium. Ini juga akan mengurangi produksi limbah yang membuat air akuarium cepat kotor.

Wafer

Makanan Ikan Wafer

Pakan wafer ini terkadang disebut tablet. Ini dengan cepat tenggelam ke dasar akuarium dan perlahan melunak. Namun, wafer tidak dirancang untuk dimakan dalam sekali suap. Sebaliknya, wafer dimaksudkan agar mudah pecah saat digigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News