HOME, Keluarga

Ini 5 Macam Bahan Alami untuk Menyuburkan Tanaman Anda di Rumah

Ini 5 Macam Bahan Alami untuk Menyuburkan Tanaman Anda di Rumah

MOMSMONEY.ID - Berkebun organik merupakan salah satu metode bercocok tanam untuk menghasilkan tanaman organik. Bila diaplikasikan kepada tanaman pangan, bahan organik ini akan memberikan manfaat untuk kesehatan manusia.

Sementara untuk tanaman lain, penggunaan bahan organik akan melindungi lingkungan dari zat-zat kimia berbahaya.

Bahan organik dalam hal ini, tak hanya berupa pupuk, tetapi bahan organik lain yang biasa kita temui di sampah dapur. Anda mungkin terkejut dan heran bahwa sisa-sisa ini dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Nah, untuk menjelaskan lebih banyak, berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman Anda di rumah.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Obat Keluarga Paling Umum Ditanam dan Khasiatnya

Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata bisa digunakan sebagai pupuk organik yang dapat menyuburkan tanaman. Dilansir dari Smart Garden Guide, kulit pisang mengandung potassium tingkat tinggi, serta sejumlah kecil nitrogen, fosfor, dan magnesium.

Anda dapat memotong kecil-kecil kulit pisang dan mencampurkannya dengan tanah pot. Setelah itu, letakkan campuran tersebut langsung di tanah.

Cara lainnya, Anda dapat menghaluskan kulit pisang dengan air dan menuangkannya ke tanah tanaman hias.

Cara ini akan membuat kulit pisang terurai perlahan dalam melepaskan nutrisi ke tanah untuk digunakan tanaman Anda.

Ampas Bubuk Kopi

Ampas seduhan kopi dapat dijadikan bahan alami untuk menyuburkan tanaman. Ampas kopi mengandung nitrogen tinggi, tetapi potassium dan fosfornya masih rendah, sehingga cocok untuk tanaman dedaunan.

Caranya, Anda dapat membuat campuran tanah pot dengan ampas kopi untuk dikomposkan selama seminggu. Lalu, aplikasikan secukupnya ke tanah.

Air Cucian Beras

Air cucian beras tak hanya bermanfaat untuk kecantikan, tetapi juga dapat dijadikan sebagai penyubur tanaman. Ini berkat vitamin B1 di dalamnya yang dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menyiram Tanaman

Daun Pohon

Jika kebetulan rumah Anda terdapat benyak dedaunan kering yang berasal dari guguran tanaman, Anda dapat menggunakannya sebagai pupuk alami.

Daun kaya akan mineral, menarik cacing tanah, mempertahankan kelembapan, dan membantu membuat tanah menjadi lebih ringan.

Anda dapat menggunakan dua cara. Pertama, campurkan daun yang telah dihancurkan dengan tanah ke dalam pot.

Kedua, Anda dapat menggunakannya sebagai mulsa untuk menyuburkan tanaman Anda dan mencegah gulma.

Cangkang Telur

Kulit telur ternyata mengandung 93% kalsium karbonat yang dapat menurunkan keasaman tanah dan memberi tanaman lebih banyak kalsium yang merupakan nutrisi. Cara menggunakannya, cukup cuci kulit telur dari dapur Anda, lalu hancurkan untuk digunakan di kebun Anda. 

Selanjutnya: Mengenal Penyakit Busuk Batang pada Tanaman Pangan dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News