HOME, Keluarga

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Anda Tampak Lebih Tua dari Seharusnya

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Anda Tampak Lebih Tua dari Seharusnya

MOMSMONEY.ID - Ketika melihat cermin, apakah Anda pernah merasa bahwa wajah Anda terlihat jauh lebih tua sementara usia Anda tidak setua itu? Atau, pernahkan orang-orang di sekitar Anda bertanya mengapa wajah Anda cepat sekali menua?

Bisa jadi, penuaan dini yang Anda alami adalah akibat dari kebiasaan yang tanpa Anda sadari sangat berpengaruh terhadap penampilan wajah Anda.

Melansir Sharecare, inilah 5 kebiasaan yang bisa memancing datangnya penuaan dini pada wajah Anda:

1. Merokok

Seperti kita ketahui, merokok bukanlah kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Merokok tidak hanya dapat menyebabkan emfisema, penyakit jantung, dan berbagai jenis kanker, melainkan juga dapat memengaruhi penampilan wajah.

Baca Juga: 9 Cara Sederhana untuk Mengurangi Kerutan Wajah, Bisa Anda Coba Supaya Awet Muda!

Merokok dapat menginduksi kerutan, membuat kulit terlihat lebih pucat, dan menciptakan garis vertikal di sekitar bibir. Racun dalam rokok juga dapat merusak elastisitas kulit. Ketika elastisitas kulit rusak, maka kulit wajah akan cenderung kendur dan tampak lebih tua.

2. Tidak mencuci wajah pada malam hari

Kulit Anda perlu bernapas dan memperbaiki dirinya sendiri pada malam hari. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk membersihkan kotoran yang telah menumpuk sepanjang hari pada wajah.

Melewatkan rutinitas mencuci wajah pada malam hari terutama jika Anda menggunakan makeup dapat menyebabkan jerawat, iritasi, kulit kusam, infeksi mata, dan kerutan dini. Jika Anda tidak ingin terlihat lebih tua, Anda hanya perlu menghabiskan waktu selama 30 detik untuk membersihkan wajah Anda sebelum tidur. Pastikan facial wash yang Anda gunakan memiliki formula yang lembut dan mampu melembabkan kulit wajah Anda.

3. Stres

Kekhawatiran, kecemasan, dan stres sangat mudah untuk membuat tubuh Anda menua dengan lebih cepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres dikaitkan dengan memendeknya telomer (sebuah komponen kromosom yang diasosiasikan dengan penuaan sel). Ketika telomer habis maka sel akan sering mati sehingga proses penuaan akan menjadi lebih cepat dari seharusnya.

Beberapa penelitian lain menemukan bahwa orang dengan stres akibat pekerjaan memiliki telomer terpendek.

Selain berkaitan dengan telomer, stres juga dapat meningkatkan tekanan darah, memengaruhi usia otak, dan mengganggu pola tidur.

4. Tidak mengonsumsi lemak sama sekali

Kita memang disarankan untuk membatasi lemak jenuh dan lemak trans yang biasanya terkandung dalam mentega atau fast food. Pasalnya, lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Hanya saja, kebiasaan makan sehat tidak boleh membuat Anda menyingkirkan semua jenis lemak khususnya lemak tak jenuh. Selain menyehatkan jantung, lemak tak jenuh juga dapat menenangkan peradangan, menurunkan risiko serangan jantung, serta menjaga kesehatan sendi, rambut, dan tentu saja kulit.

Supaya kulit awet muda, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti salmon, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun. Bukan hanya mengandung lemak tak jenuh tunggal, makanan-makanan tersebut juga mengandung lemak baik lainnya yakni Omega-3.

5. Tidak cukup tidur

Kurang tidur akibat terlalu banyak melakukan pekerjaan menyimpan efek yang lebih berbahaya daripada yang Anda pikirkan. Ketika tidur, sistem parasimpatis akan mengambil alih dan memungkinkan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Apabila Anda kurang tidur, risiko tekanan darah tinggi, penambahan berat badan, dan diabetes pun akan meningkat. Belum lagi lingkaran di bawah mata dan kulit kusam akibat kurang tidur akan menjadikan wajah Anda jauh lebih tua dari seharusnya.

Oleh sebab itu, tidurlah dengan cukup selama 7-9 jam setiap malam demi kesehatan tubuh dan penampilan wajah yang senantiasa muda.

Itulah 5 kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini. Pastikan Anda tidak meneruskan kebiasaan-kebiasaan tersebut jika Anda mendambakan wajah yang awet muda meski umur sudah tak lagi muda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Serum Retinol Lokal untuk Bantu Cegah Penuaan Dini, Supaya Muda Terus!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News