Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 29 Maret 2022 | 05:50 WIB
Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa


MOMSMONEY.ID - Memasuki bulan Ramadan, Anda mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut.

Pasalnya, tak makan dan minum selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. Maka, Anda membutuhkan cara yang ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut saat puasa. 

Dikutip dari Harvard Health Publishing, bau mulut bisa berasal dari dalam maupun luar mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah karena adanya bakteri di area gigi juga lidah.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bau mulut saat puasa, antara lain: 

1. Sikat gigi

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang pertama adalah sikat gigi. Setelah waktu berbuka dan sahur, jangan lupa sikat gigi Anda secara menyeluruh.

Hal ini bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa karena membersihkan sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak.

Menyikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut kalau benar-benar diperlukan.

2. Bersihkan lidah

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang kedua adalah rutin membersihkan lidah. Lidah Anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut.

Bila merasa napas jadi tak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual di toko.

Tidak hanya menjaga kebersihan lidah, ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

3. Menjaga kesehatan gusi

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang ketiga adalah menjaga kesehatan gusi. Bau mulut memang bisa terjadi ketika kebersihan gigi dan mulut tidak terjada.

Tidak hanya area gigi, gusi yang bermasalah pun juga bisa menjadi penyebab masalah bau mulut. Hal ini karena adanya bakteri yang berkumpul pada dasar gigi sehingga menjadi bau.

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa karena masalah gusi ini pun bisa Anda lakukan dengan langsung berkonsultasi pada dokter gigi.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur yang Perlu Anda Ketahui

4. Manfaatkan cuka apel atau soda kue

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang keemapt adalah memanfaatkan cuka apel atau soda kue. Jangan khawatir kalau Anda sedang kehabisan obat kumur.

Coba untuk manfaatkan cuka apel atau soda kue sebagai cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Anda bisa melarutkan salah satunya, agar bisa dijadikan obat kumur alami.

Baking soda atau soda kue mempunyai kandungan natrium bikarbonat yang secara efektif membunuh bakteri di mulut.

Sedangkan cuka apel mempunyai senyai asam asetat yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.

5. Minum air putih yang cukup 

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang kelima adalah minum air putih yang cukup. Saat menjalani puasa, Anda tidak memungkinkan untuk menjaga asupan air mineral di siang hari.

Walaupun salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah menjaga area mulut tetap lembap, jangan khawatir dulu.

Cara yang bisa dilakukan adalah tetap menjaga asupan air di waktu buka puasa sampai dengan sahur. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kemampuan.

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut saat puasa yang bisa Anda lakukan beserta penyebab yang harus dihindari.

Jika sudah melakukan berbagai cara tetapi bau mulut tidak kunjung membaik, disarankan untuk memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mengetahui penyebab yang mendasari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER