HOME, Bugar

Ini 5 Buah yang Ampuh Menurunkan Kolesterol, Konsumsilah Secara Rutin

Ini 5 Buah yang Ampuh Menurunkan Kolesterol, Konsumsilah Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi adalah kondisi yang tidak boleh disepelekan. Kondisi yang terjadi karena peningkatan kadar kolesterol atau kolesterol tinggi di dalam darah bisa menjadi tanda bahaya. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Orang yang mengidap kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu, termasuk buah-buahan.

Makanan satu ini memiliki banyak kandungan serat yang larut dalam air. Serat dalam buah bisa mengikat asam empedu sehingga menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. 

Baca Juga: Berikut Beberapa Gejala Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

Dilansir dari Mayo Clinic, Beirkut ini beberapa buah yang ampuh menurunkan kolesterol, antara lain:  

1. Pisang

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol pertama adalah pisang. Konsumsi buah pisang disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Hal itu terjadi karena kandungan zat insulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan.

2. Apel

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol kedua adalah apel. Apel adalah pilihan pertama dari buah penurun kolesterol.

Pasalnya, apel, terutama kulitnya, mengandung pektin, yaitu serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol.

Pektin bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses.

3. Jambu biji

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol ketiga adalah jambu biji. Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, kandungan kalium dan serta yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Baca Juga: 5 Asupan Bernutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

4. Alpukat

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol keempat adalah alpukat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Salah satu buah penurun kolesterol ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

5. Pir

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol kelima adalah pir. Pasalnya, buah ini tinggi kandungan serat alaminya.

Satu buah pir dalam ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat dari buah pir lebih tinggi daripada buah apel.

Itulah beberapa buah yang ampuh menurunkan kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News