HOME, Bugar

Ini 5 Bahaya Merokok, Selain Buruk bagi Paru-Paru!

Ini 5 Bahaya Merokok, Selain Buruk bagi Paru-Paru!

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Biasanya, bahaya merokok yang dikenal secara umum adalah gangguan pada paru-paru. Namun, masih banyak risiko kesehatan lain yang perlu Anda tanggung dari kebiasaan itu, lo. Diharap Anda bisa mewaspadai bahayanya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain nikotin, ada banyak senyawa berbahaya lainnya yang masuk ke paru-paru ketika Anda merokok. Melansir dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), senyawa-senyawa tersebut dapat memicu kemunculan kanker paru-paru.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak risko lain yang ditimbulkan oleh rokok. Mulai dari asma, bronkitis, dan beberapa hal di bawah ini. Untuk menghindari hal-hal yang tak Anda inginkan, sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok.

Gangguan Pada Kesuburan

Rokok juga bisa mengganggu kesuburan, lo. Pada wanita, kandungan dalam rokok bisa mengganggu sistem reproduksi yang memungkinkan Anda kesulitan untuk hamil. Pada pria, semakin banyak asap rokok yang masuk, semakin tinggi risiko disfungsi ereksi yang dapat Anda alami.

Baca Juga: Supaya Anak Merasa Dicintai, Terapkan 5 Hal Ini dalam Keseharian Anda

Diabetes Tipe 2

Bahaya merokok adalah meningkatkan risiko diabetes.

Bahaya merokok berikutnya adalah meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Menurut sebuah laporan penelitian, mereka yang merokok memiliki risiko penyakit tersebut 30% sampai 40% lebih tinggi. Bagi Anda yang sudah menderita diabetes sebelumnya, rokok bisa membuat kondisi Anda semakin parah.

Penyakit Jantung

Selain mengganggu kesehatan paru-paru, merokok juga tak baik untuk kesehatan jantung. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak plak yang muncul di pembuluh darah perokok. Akibatnya, aliran darah Anda menjadi terhambat yang mana berpengaruh pada tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, merokok juga bisa mempersempit pembuluh darah. Apabila terus dibiarkan, kondisi tersebut bisa mengganggu kesehatan jantung dan tubuh Anda secara menyeluruh. Bukan tidak mungkin Anda akan mengalami stroke, penggumpalan jantung, serangan jantung, dan lain-lain.

Baca Juga: Sulit Tidur? Lobak bisa membantu mengatasi insomnia

Menurunkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu bahaya merokok adalah menurunkan sistem imun tubuh.

Memiliki sistem imun tubuh yang kuat merupakan hal penting. Sayangnya, Medical News Today menyebutkan bahwa sistem imun tubuh dapat turun karena rokok. Bahaya merokok lainnya adalah memicu inflamasi sehingga Anda lebih berisiko terinfeksi penyakit.

Gangguan Pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Bukan lagi jadi rahasia bila merokok bisa memicu munculnya penyakit gigi dan mulut. Selain membuat gigi terlihat kuning, kebiasaan merokok pun memicu penyakit gusi. Gusi menjadi lebih rentan berdarah dan gigi Anda juga menjadi lebih sensitif.

Selanjutnya: Bahan mudah dicari, ini 4 cara menghilangkan bekas luka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News