HOME, Keluarga

Ini 5 Alasan Anak Kucing Peliharaan Anda Tidak Mau Makan

Ini 5 Alasan Anak Kucing Peliharaan Anda Tidak Mau Makan

MOMSMONEY.ID - Jika Anda saat ini baru memelihara anak kucing di rumah, maka sangat penting untuk mempersiapkan perawatan dan makanan sehat untuk memenuhi nutrisinya.

Ada banyak jenis makanan anak kucing yang bisa diberikan. Namun sayangnya, karena anak kucing masih sangat kecil, terkadang mereka menghindari makanan dan tidak mau makan.

Dapat dimengerti bahwa hal Ini akan menimbulkan kekhawatiran Anda dan kepanikan. Namun, ada berbagai alasan yang menyebabkan anak kucing tidak mau makan, sehingga Anda perlu segera mencari tahu. Dilansir dari Feliway, ini 5 kemungkinan alasannya.

Baca Juga: Jenis Ras Kucing Ini Alami Mutasi Genetik Berbahaya. Simak Penjelasannya!

Anak Kucing Belum Memiliki Rutinitas

Anak kucing yang baru datang, tentu saja belum memiliki rutinitas. Rutinitas ini akan memengaruhi pola makan mereka yang dapat menyebabkan anak kucing banyak makan atau kurang makan.

Jadi, pastikan Anda telah membuat jadwal makan yang tepat dan mempertahankannya. Jadwal makan ini juga harus disesuaikan dengan tingkat usianya.

Anak kucing berusia sekitar 8 minggu harus diberi makan 3-4 kali sehari. Jumlah inikemudian dikurangi setelah usianya 12 minggu, menjadi 3 kali sehari. Waktu terbaik untuk memberinya adalah pagi, siang, malam sebelum tidur (dan sore hari untuk anak kucing berusia 8 minggu).

Perlu diketahui bahwa anak kucing biasanya harus menggunakan kotak pasir setelah makan. Ini akan menjadi kesempatan yang bagus untuk mengajari mereka menggunakan kotak pasir.

Belum Terbiasa dengan Makanan

Selain rutinitas, penyesuaian yang dialaminya akan membuat kucing belum terbiasa. Terutama bila mereka telah mendapatkan makanan luar di tempat sebelumnya. Jadi, pastikan penyesuaia ini dilakukan secara bertahap.

Sebenarnya, memberi makanan yang sama dengan yang biasa mereka makan akan membantu mereka membatasi stres saat menyesuaikan diri.

Namun, ini terkadang tidak sesuai dengan peraturan Anda. Jika Anda ingin menggantinya, Anda dapat perlahan mencampur makanan mereka. Lalu, menggantinya secara penuh.

Anak Kucing Merasa Kenyang

Sama seperti jadwal makanan yang Anda berikan, Anda juga harus tahu kebutuhan porsi makanan anak kucing.

Biasanya, bila Ada sudah memberi makan terlalu banyak di pagi hari, mereka akan menolak makanan siang mereka karena masih merasa kenyang.

Mulailah dengan memberi makan di tengah-tengah porsi yang dia habiskan. Jika kemudian anak kucing menghabiskan makanannya dengan cepat dan dengan mudah makan lebih banyak, maka sudah waktunya untuk menambah porsi mereka.

Namun, bila anak kucing berjuang menghabiskan makan selama 15-20 menit, Anda mungkin memberinya makan terlalu banyak dan perlu mengurangi porsinya.

Baca Juga: Ingin Lebih Dekat dengan Hewan Peliharaan? Begini Tipsnya

Anak Kucing Merasa Stres

Stres pada anak kucing bisa datang dari penyesuaian diri dengan rumah barunya, mungkin juga dengan Anda sendiri. Perubahan rumah, lingkungan, orang-orang, dan makanan tentu wajar bila mendatangkan sedikit stres, sehingga mereka tidak mau makan.

Hal yang perlu dilakukan adalah membantu anak kucing perlahan-lahan terbiasa. Menciptakan lingkungan rumah aman dan nyaman dapat membantu mereka beradaptasi dengan cepat.

Selain itu, memberi mereka fasilitas pendukung seperti mainan, pohon-pohonan, dan tiang garukan akan membantu meningkatkan kenyamanannya.

Masalah yang Berkaitan dengan Mangkuk Makanan

Anak kucing biasanya cukup pemilih. Selain rasa makanannya, mangkuk makanan juga bisa menjadi masalahnya.

Pertama, Anda harus yakin mangkuk makanan anak kucing berada di suatu tempat yang benar-benar mereka makan.

Dengan kata lain, ini tidak berada di tempat yang sulit dijangkau, tidak banyak orang berjalan melewatinya, dan tidak berada di dekat kotak kotoran.

Kucing biasanya sensitif dengan kebersihan, meski usia mereka masih sangat kecil. Mangkuk makanan yang kotor mungkin akan menghilangkan nafsu makan mereka. Maka, pastikan untuk membersihkannya sebelum digunakan.

Selain itu, mempertimbangkan bentuk, lebar, dan dangkal mangkuk makanan juga diperlukan. Sebab, ini akan membantu anak kucing Anda makan dengan nyaman.

Anda juga harus ingat bahwa setiap kucing suka makan sendirian, sehingga memberikan mangkuk pribadi untuk makanan mereka sangat penting. Ini juga akan mencegah pertengkaran di antara mereka saat makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News