CLOSE [X]
ads

Ini 5 Akibat Terlalu Banyak Tidur, Sudah Tahu?

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:45 WIB
Ini 5 Akibat Terlalu Banyak Tidur, Sudah Tahu?


MOMSMONEY.ID - Sama halnya dengan makan, tidur juga merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup yang harus diterapkan dengan baik. Melansir Wikipedia, manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur.

Idealnya, anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur 9-11 jam per hari, remaja 8-10 jam per hari, orang dewasa 7-9 jam per hari, dan lansia 7-8 jam per hari. Jika melebihi waktu tersebut, akan ada berbagai masalah kesehatan yang siap menyerang tubuh.

Dilansir dari Bright Side, inilah 5 hal yang mungkin terjadi pada tubuh akibat terlalu banyak tidur. Yuk, simak!

Baca Juga: Jelang Imlek, Coba 5 Makeup yang Sedang Tren di China Ini, Yuk

1. Lelah sepanjang waktu

Alih-alih merasa segar dan berenergi, terlalu banyak tidur justru akan menimbulkan kelelahan dan keengganan untuk melakukan apapun.

Pada dasarnya, durasi tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7-9 jam per hari. Jika Anda tidur melebihi itu, otak Anda pun akan terasa berkabut dan membuat Anda tidak bisa fokus.

2. Penuaan dini

Tidak hanya menyebabkan wajah menua lebih cepat, terlalu banyak tidur juga dapat membuat otak mengalami penuaan dini.

Tidur melebihi rentang waktu yang disarankan dapat menyebabkan masalah memori dan konsentrasi. Selain itu, tidur berlebihan juga berisiko memperlambat metabolisme tubuh dan menyebabkan penambahan berat badan.

3. Rentan sakit kepala

Rentan sakit kepala merupakan tanda umum dari tidur berlebihan yang disebabkan oleh neurotransmitter yang salah arah. Melansir SehatQ, neurotransmitter adalah senyawa kimiawi dalam tubuh yang bertugas untuk menyampaikan pesan antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Sel-sel target ini dapat berada di otot, berbagai kelenjar, dan bagian lain dalam tubuh.

Kebiasaan terlalu banyak tidur biasanya akan menyebabkan sakit kepala tegang atau tension type headache. Terlebih jika Anda mendengkur, Anda akan cenderung terbangun dari tidur dengan kepala yang terasa sakit. Sebuah survei menunjukkan bahwa 60% orang yang mendengkur rentan terhadap sakit kepala.

4. Mudah merasa tersinggung

Saat Anda tidur secara berlebihan, Anda akan cenderung bangun dengan perasaan marah dan murung alih-alih bahagia dan penuh energi.

Akibatnya, perasaan lelah usai bangun tidur akan dengan mudah merusak suasana hati Anda sekaligus menghambat Anda untuk produktif.

5. Memperburuk kondisi kronis

Tidur terlalu banyak dapat memperburuk depresi kronis dan kondisi kesehatan lainnya seperti sakit punggung.

Selain itu, jika Anda cenderung terengah-engah di malam hari atau dikenal juga sebagai sleep apnea, kemungkinan besar Anda akan bertahan di tempat tidur lebih lama karena kualitas tidur yang buruk. Alhasil, kondisi jantung Anda pun bisa memburuk.

Itulah 5 hal yang mungkin terjadi pada tubuh jika Anda terlalu banyak tidur. Dibandingkan mengorbankan kesehatan Anda, yuk perbaiki kebiasaan buruk tidur berlebihan mulai dari sekarang. Pastikan Anda mengatur timer supaya dapat bangun tepat waktu serta hentikan berbagai kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda seperti begadang dan mengonsumsi kafein menjelang waktu tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru