HOME, Keluarga

Ini 4 Tips Merawat Lantai Marmer, Tidak Sulit Kok!

Ini 4 Tips Merawat Lantai Marmer, Tidak Sulit Kok!

MOMSMONEY.ID - Marmer merupakan salah satu bahan penyusun lantai yang cukup populer.

Dikutip dari The Spruce, lantai marmer dapat memberikan kesan elegan dan mewah pada interior rumah. Selain itu, pola dan warnanya yang beragam dapat mempercantik beragam gaya interior rumah, mulai dari klasik hingga modern.

Namun, karena termasuk material alam, lantai marmer memerlukan perawatan yang cermat. Jika Anda tidak berhati-hati, lantai marmer rentan terkena noda yang sulit hilang atau mengalami kerusakan yang menurunkan nilai estetikanya.

Jangan khawatir, dengan langkah yang tepat, lantai marmer sebenarnya cukup mudah dirawat. Dirangkum dari Livspace dan Maid Brigade, berikut tipsnya.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kebersihan dan Kerapian Rumah dengan 6 Kebiasaan Ini!

Bersihkan secara teratur

Salah satu cara paling mendasar dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat lantai marmer adalah dengan membersihkannya secara teratur, baik dengan menyapu, mengepel, maupun menggunakan vacuum cleaner.

Sapu atau vacuum seperti biasa untuk menyingkirkan debu dan kotoran, lalu pel seminggu sekali supaya permukaan lantai marmer tetap kinclong. Gunakan kain pel yang lembut dan hindari penggunaan produk kebersihan yang keras karena dapat merusak lantai marmer.

Langsung bersihkan genangan atau tumpahan air

Marmer merupakan material yang berpori, sehingga mudah menyerap cairan dan kelembapan. Jika dibiarkan terlalu lama, air yang tumpah bisa masuk ke dalam pori-pori lantai marmer dan menyebabkan noda yang sulit hilang.

Jadi, Anda perlu menjaga supaya tidak ada genangan atau tumpahan air di atas lantai marmer. Sama seperti saat mengepel lantai, gunakan kain yang lembut dan bersihkan lantai marmer hingga permukaannya kering.

Baca Juga: Ingin Interior Rumah Anda Bergaya Islami? Gunakan 7 Elemen Ini

Hindarkan dari goresan dan benturan

Walaupun termasuk material yang durabilitas atau daya tahannya tinggi, lantai marmer juga rentan mengalami kerusakan akibat tergores atau terbentur. Permukaan lantai marmer yang tergores akan terlihat tidak mulus lagi, sedangkan benturan bisa menyebabkan lantai marmer retak dan pecah.

Untuk meminimalisir kedua hal tersebut, Anda bisa melapisi sebagian permukaan lantai marmer dengan karpet atau keset.

Gunakan floor sealant

Floor sealant atau floor coating merupakan bahan yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan lantai, sehingga segala jenis gangguan seperti kotoran atau tumpahan air tidak mudah masuk dan menembus pori-pori lantai marmer.

Jadi, jika Anda menggunakan lantai marmer pada area yang rentan terkena air dan kelembapan seperti dapur dan kamar mandi, coba pertimbangkan untuk menggunakan floor sealant untuk melindungi lantai marmer.

Selanjutnya: 5 Inspirasi Taman Vertikal yang Cocok Untuk Lahan Sempit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News