HOME, Santai

Ini 4 Tanda Tubuh yang Kekurangan Kalori Saat Berpuasa, Cari Tahu, Yuk!

Ini 4 Tanda Tubuh yang Kekurangan Kalori Saat Berpuasa, Cari Tahu, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Saat berpuasa tentu saja asupan makanan ke dalam tubuh menjadi semakin berkudang. Namun hal tersebut tidak akan merusak metabolisme jika kalori yang masuk ke tubuh dalam porsi yang tepat.

Kalori yang tepat akan membantu tubuh menjadi lebih sehat walaupun sedang berpuasa. Karena itu, penting untuk mengetahui bahwa tubuh tidak berada pada kondisi kekurangan kalori.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang menandakan tubuh sedang berada dalam kondisi kekurangan kalori.

Baca Juga: Jangan Khawatir! Ini 5 Tips Mengatasi Lapar Secara Efektif Saat Diet

Selalu merasa lapar

Tubuh yang tidak mendapat asupan kalori atau makanan yang cukup tentunya akan mudah menjadi lapar. Laman Health Line menjelaskan bahwa kekurangan makanan bisa mengakibatkan perubahan hormonal yang meningkatkan rasa lapar.

Yang tentunya tentunya rasa laper tersebut akan terus muncul sebagai tanda tubuh yang kekurangan makanan untuk diproses. Sehingga penting untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan kalori yang cukup walaupun sedang dalam masa puasa.

Rambut rontok

Rambut rontok juga merupakan salah satu tanda yang dihasilkan karena tidak terpenuhinya kalori, protein, vitamin, dan mineral yang masuk ke dalam tubuh.

Sehingga hal tersebut dapat juga berakibat pada rontoknya rambut karena tubuh akan memprioritaskan untuk menutrisi bagian organ vital lainnya seperti jantung, otak, dan organ lainnya dibanding rambut.

Baca Juga: Selain Buah, Ini Daftar 4 Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Saat Berpuasa

Sembelit

Sembelit tak hanya bisa terjadi sebagai akibat kurangnya minum saja, kurangnya kalori yang masuk ke dalam tubuh juga bisa menyebabkan munculnya sembelit.

Melansir dari laman Medical News Today, ketika seseorang kekurangan makanan atau kalori, maka tubuh juga akan memiliki sedikit makanan yang diproses menjadi kotoran. Akibatnya sembelit pun terjadi sebagai salah satu tanda kurangnya kalori yang masuk dalam tubuh.

Pusing

Salah satu tanda utama yang biasa dijadikan tanda tubuh kekurangan kalori adalah pusing. Jika merasa pusing saat sedang melakukan puasa, maka bisa jadi itu adalah tanda tubuh yang kekurangan kalori.

Hal tersebut terjadi karena tubuh kekurangan energi yang diperoleh dari kalori untuk melakukan fungsinya dengan baik. Maka dari itu penting untuk selalu memastikan makanan yang sehat dan cukup dikonsumsi saat sedang berbuka maupun sahur. Agar tubuh tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News