Bugar

Ini 4 Penyebab Sel Kulit Mati Menumpuk, Bikin Wajah Kusam!

Ini 4 Penyebab Sel Kulit Mati Menumpuk, Bikin Wajah Kusam!

MOMSMONEY.ID - Dampak buruk dari sel kulit mati yang menumpuk adalah kulit akan terlihat kusam, tidak bercahaya, muncul komedo dan jerawat. 

Munculnya sel kulit mati di wajah adalah hal yang normal dan bisa dibersihkan, asalkan Anda bisa merawat kulit dengan benar.

Supaya tidak keliru, simak penjelasan tentang penyebab sel kulit mati di wajah dilansir dari senka.id

1. Kurang maksimal membersihkan wajah

Penyebab pertama sel kulit mati adalah kurangnya maksimal dalam membersihkan wajah. Wajah yang dibersihkan secara asal-asalan masih menyisakan debu, kotoran minyak, dan polusi di pori-pori. Sehingga, proses regenerasi kulit pun jadi terhambat dan membuat sel kulit mati menumpuk pada wajah.

Oleh karena itu, pastikan wajah Anda telah dibersihkan menggunakan metode double cleansing agar kamu terhindar dari permasalahan kulit. 

2. Faktor usia

Penyebab sel kulit mati selanjutnya adalah faktor usia. Bertambahnya usia, produksi minyak di wajah akan berkurang karena regenerasi sel melamban (lebih dari 30 hari). Hasilnya, wajah jadi semakin sedikit memproduksi minyak, sehingga cepat kering, bersisik, dan gatal, yang berujung pada menumpuknya sel kulit mati.

Lakukan eksfoliasi secara rutin pakai produk dengan kandungan retinol agar permukaan kulit mengelupas dan tergantikan oleh sel yang lebih sehat. 

Baca Juga: Promo Gajian PegiPegi s.d 5 Okt 2022, Diskon Tiket Bus & Travel Hingga 20%

3. Hilangnya kadar minyak

Berikutnya, hilangnya kadar minyak di wajah juga termasuk penyebab sel kulit mati. Saat wajah dibersihkan terasa kering, maka biasanya timbul perasaan senang karena wajah terasa bersih.

Akan tetapi, kebiasaan ini bukanlah hal yang baik. Menghilangkan kadar minyak sampai benar-benar kering memancing produksi minyak berlebih di wajah dan memicu penumpukan sel kulit mati di wajah. 

4. Jarang eksfolasi

Seberapa sering melakukan eksfoliasi? Eksfolasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori wajah. Jika dibiarkan, maka akan muncul masalah kulit seperti komedo dan whitehead, serta bikin wajah jadi bertekstur.

Agar kulit terlihat lebih bersih, lakukan eksfoliasi kulit seminggu sekali. Pilihlah produk eksfoliasi yang cocok dengan kondisi dan jenis kulit wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News