HOME, Bugar

Ini 4 Penyebab Pori-Pori Wajah Menjadi Besar

Ini 4 Penyebab Pori-Pori Wajah Menjadi Besar

MOMSMONEY.ID - Tanpa disadari kebiasan-kebiasaan yang dilakukan akan berpengaruh pada kondisi kulit wajah. Salah satunya menyebabkan pori-pori besar.

Walaupun tidak berbahaya, pori-pori besar di wajah bisa menggangu penampilan. Apa penyebab pori-pori menjadi besar? Mengutip dari priveeclinic.id, inilah penyebabnya yang harus Anda tahu, yaitu: 

1. Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab pori-pori besar pertama adalah pola makan tidak sehat. Jika masih suka mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, berminyak dan gula tinggi sebaiknya mulai dikurangi karena produk makanan dan minuman yang dikonsumsi tersebut bisa berpengaruh pada kulit. 

Makanan yang mengandungn tinggi lemak bisa merangsang produksi sebum atau minyak berlebih. Sehingga pori-pori cenderung akan membesar, sebaiknya memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat dan rendah lemak. Perlunya mengonsumsi banyak air putih, sayuran dan buah-buahan. 

2. Paparan Sinar Matahari

Penyebab pori-pori besar selanjutnya yaitu paparan sinar matahari secara terus-menerus. Pentingnya untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas seharian.

Jika tidak mengoleskan sunscreen ke kulit wajah makan akan merusak kulit wajah Anda. Salah satu efeknya adalah membesarkan pori-pori kulit wajah. Sebab kulit tanpa proteksi dari paparan sinar matahari dijamin mudah berkeriput, kusam, dan pori-porinya besar.

Baca Juga: 4 Cara Alami Mengatasi Wajah Memerah dan Perih Akibat Pemakaian Produk yang Salah

3. Membersihkan Wajah yang Tidak Maksimal

Membersihkan wajah secara tidak maksimal bisa menyebabkan pori-pori wajah menjadi besar. Selain mencuci muka dengan face wash, perlu juga menambahkan produk pembersih lain seperti toner dan cleanser. 

Jika Anda belum melakukan kebiasaan ini, maka kulit tidak bersih secara tuntas. Salah satu akibatnya adalah pori-pori kulit menjadi besar, jadi pastikan membersihkan wajah dengan teknik double cleansing agar kulit wajah bersih secara maksimal. 

4. Menggunakan Produk Kosmetik yang Salah

Penyebab pori-pori besar lainnya adalah menggunakan produk kosmetik yang salah. Pentingnya untuk lebih memahami kondisi kulit wajah dan teliti dalam memilih produk kosmetik. Jika sampai salah, maka pori-pori besar akan menunggu Anda.

Oleh sebab itu gunakan dulu produk dalam kemasan kecil untuk uji coba. Jika cocok dan tidak ada komedo maka bisa diteruskan, karena artinya tidak akan menyebabkan pori-pori membesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News