HOME, Keluarga

Ini 4 Makanan Ampuh Penurun Kadar Kolesterol Jahat

Ini 4 Makanan Ampuh Penurun Kadar Kolesterol Jahat

MOMSMONEY.ID - Kolesterol adalah jenis lemak dalam darah yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Tubuh kita membutuhkan kolesterol agar dapat bekerja dengan baik.

Kolesterol dibawa ke seluruh tubuh oleh “pembawa” bernama lipoprotein. Ada dua jenis kolesterol, yaitu:

  • LDL atau low-density lipoprotein: kolesterol jahat yang jika kadarnya terlalu banyak akan menempel di dinding arteri.
  • HDL atau high-density lipoprotein: kolesterol baik yang dapat menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Sosis Gulung Mie, Ide Makanan Untuk si Kecil yang Susah Makan

Kadar kolesterol yang tinggi tidak menunjukkan gejala apapun. Anda baru akan mengetahuinya jika memeriksakan diri ke dokter dan melalui tes darah. Dari tes darah tersebut, akan diketahui kadar kolesterol manakah dalam tubuh yang jauh lebih dominan, "si jahat” atau "si baik”.

Di samping itu, ada pula trigliserida yang merupakan kadar lemak dalam darah yang bertugas menyimpan dan mengangkut lemak dalam darah. Setiap energi dari makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh akan diubah menjadi trigliserida.

Kolesterol total yang tinggi merupakan ukuran dari semua kolesterol plus trigliserida dalam darah. Semakin tinggi kadarnya, maka semakin besar risiko terserang penyakit jantung.

Nah, untuk dapat menguranginya, MomsMoney merangkum lima makanan yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol. 

1. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan berbagai olahan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, merupakan salah satu cara ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Menurut penelitian yang dilansir dari Harvard Health Publishing, jika mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari, misalnya dari 10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai, maka dapat menurunkan kadar LDL sebesar 5% - 6%.

Baca Juga: Promo Richeese Hari Ini 27 Juli 2021, Beli 1 Rich Coffee Gratis Donut atau Cookies

Dengan mengetahui bahwa kedelai mampu mengurangi kadar LDL, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai. Tapi, khusus untuk tahu, disarankan agar diolah dengan cara dikukus daripada digoreng untuk meminimalisir minyak jenuh.

2. Bawang putih

Bawang putih mampu menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol jahat bernama LDL.

3. Sayuran

Sayuran kaya akan serat dan antioksidan, serta rendah kalori. Itu sebabnya, sayuran dapat berperan ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Terdapat beberapa sayuran yang mengandung unsur pektin yang tinggi. Pektin merupakan serat yang biasanya ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Beberapa sayuran yang kaya unsu pektin di antaranya:

  • Wortel
  • Terong
  • Kentang
  • Okra/bendil

3. Alpukat

Alpukat menurut Heart Foundation, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Sebab, alpukat mengandung kadar kolesterol baik atawa high-density lipoprotein (HDL). HDL disebut baik karena dapat membantu menyingkirkan kolestrol jahat seperti LDL dari pembuluh darah.

Selain dapat menurunkan kolesterol, alpukat juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Promo PPKM McD Hari Ini 27 Juli 2021, Cuma Berlaku 5 Hari

4. Fatty fish

Fatty fish seperti yang terdapat pada ikan salmon merupakan sumber asam lemak Omega 3 rantai panjang yang sangat baik. Omega 3 dalam salmon mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Selain itu, salmon juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko peradangan, dan menurunkan risiko stroke.

Namun, cara pengolahan ikan juga harus cermat. Dalam penelitian yang dilansir Healthline, selama 25 tahun, para peneliti memeriksa kasus pada orang dewasa. Mereka yang mengonsumsi ikan yang tidak digoreng memiliki kandungan HDL lebih tinggi dibandingkan LDL.

Untuk itu, jika ingin mengonsumsi ikan, mulailah mengukusnya. Meski rasanya sedikit beda, namun pasti jauh lebih menyehatkan. Adapun, ikan yang digoreng akan meningkatkan kadar kolesterol anda.

Selanjutnya: Promo HokBen Hari Ini 27 Juli 2021, Berlaku Cuma 2 Hari Simple Set Teriyaki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News