HOME, Keluarga

Ini 4 Keunggulan Air Fryer yang Membuatnya Wajib Dimiliki

Ini 4 Keunggulan Air Fryer yang Membuatnya Wajib Dimiliki

MOMSMONEY.ID - Air fryer menjadi salah satu produk rumah tangga yang banyak diminati belakangan ini, termasuk di Indonesia.

Dilansir dari laman Kirin Indonesia, air fryer adalah suatu alat yang menggunakan elemen pemanas di dalamnya untuk menggoreng makanan secara praktis tanpa minyak. Dengan kata lain, air fryer dapat menggoreng makanan hanya dengan udara panas.

Di samping manfaat yang ditawarkan, air fryer sebenarnya termasuk alat dapur yang harganya tidak murah.

Anda mungkin pernah bertanya-tanya apakah manfaat air fryer sepadan dengan harganya.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Muncul Ketika Menggunakan Air Fryer, Pernah Melakukannya?

Nah, supaya tidak bingung lagi, berikut alasan mengapa Anda harus punya air fryer di rumah.

Makanan yang dihasilkan lebih sehat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, air fryer bekerja dengan cara menggunakan udara panas untuk mematangkan makanan. Udara panas ini akan membuat makanan memiliki tekstur seakan-akan baru digoreng.

Karena tidak menggunakan minyak untuk menggoreng makanan, maka makanan yang dihasilkan dari air fryer cenderung lebih sehat dan matang dengan lebih merata.

Dikutip dari Real Homes, air fryer biasanya dilengkapi dengan baki yang dapat mengalirkan minyak dan lemak berlebih dari makanan ke wadah di bawahnya, sehingga minyak dan lemak yang berlebih tidak akan Anda konsumsi. Makanan yang dihasilkan pun akan lebih sehat.

Proses memasak lebih efisien

Jika dibandingkan dengan oven atau kompor, air fryer butuh waktu yang jauh lebih sedikit untuk memanaskan komponen di dalamnya, sehingga bisa langsung digunakan.

Hal ini pun membuat proses memasak dengan air fryer lebih hemat waktu, sehingga makanan yang Anda masak akan matang lebih cepat.

Misalnya, makanan yang biasanya butuh waktu 25 menit untuk matang akan bisa dimasak hanya dalam waktu 15 menit saja dengan air fryer.

Jadi, air fryer menawarkan kepraktisan dan kenyamanan yang tidak dimiliki alat memasak lainnya. Alat ini pun cocok bagi Anda yang menginginkan masakan panas dan lezat dalam waktu singkat.

Baca Juga: Rekomendasi Air Fryer Berkapasitas Besar, Cocok untuk Seluruh Keluarga!

Mudah digunakan dan dibersihkan

Pada dasarnya, air fryer termasuk alat dapur yang sangat mudah digunakan. Cukup nyalakan alatnya, masukkan makanan yang akan dimasak ke wadah yang tersedia, lalu biarkan air fryer memasak makanan Anda dengan waktu yang sudah ditentukan.

Selain itu, air fryer juga cukup mudah dibersihkan. Menurut Tech Advisor, Anda hanya perlu mengeluarkan wadah makanan beserta kelengkapan air fryer lainnya, kemudian cuci seperti biasa dan keringkan.

Jangan lupa, bersihkan air fryer setiap kali selesai digunakan dan pastikan alatnya benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Baca Juga: 5 Tips Merawat dan Membersihkan Air Fryer Supaya Tahan Lama

Serbaguna

Salah satu kelebihan air fryer adalah kemampuannya untuk memasak berbagai jenis makanan.

Jadi, meskipun bernama air fryer, alat ini sebenarnya cukup serbaguna dan tidak hanya dapat menggoreng makanan.

Jenis-jenis makanan yang bisa dimasak dengan air fryer biasanya meliputi makanan beku seperti nugget, kentang, ayam, dan lain-lainnya.

Anda juga bisa memasak daging, sayur, bahkan kue kering. Makanan sisa di rumah juga bisa dipanaskan kembali dengan air fryer.

Namun, hindari memasak beberapa jenis makanan tertentu dengan air fryer. Jangan memasak gorengan yang dibalut adonan basah, makanan berkeju yang mudah meleleh, dan beberapa jenis makanan yang mudah lembek.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki air fryer di rumah. Jangan lupa untuk selalu pertimbangkan budget dan kebutuhan Anda sehingga air fryer yang dibeli akan berfungsi dengan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News