Bugar

Ini 4 Kesalahan saat Menggunakan Test Pack yang Perlu Anda Ketahui

Ini 4 Kesalahan saat Menggunakan Test Pack yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Periksa kehamilan sekarang ini sudah semakin mudah dengan adanya test pack. Tanpa perlu repot-repot ke dokter, Anda sudah bisa mengetahui apakah Anda hamil atau tidak dengan menggunakan alat kecil ini.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Namun, sebelum menggunakan test pack sebaiknya baca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu, sehingga hasil yang ditunjukkan tidak salah.

Dilansir dari Pregnant Education, berikut ini adalah beberapa kesalahan umum saat menggunakan test pack yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Tanda-Tanda Akan Memiliki Anak Kembar

Terlalu cepat melakukan tes

Melakukan tes kehamilan dengan test pack bukanlah hal sembarangan, tidak sesederhana yang Anda kira. Salah-salah justru akan membuat hasil tes kehamilan Anda menjadi tidak tepat.

Test pack akan menunjukkan hasil positif bila hormon hCG dalam urin wanita mencapai tingkat tertentu. Masalahnya, tidak semua wanita yang sudah hamil akan memiliki tingkat yang sama dari hCG dalam urin mereka.

Oleh karena itu, wanita harus menunggu sampai waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan di rumah agar kadar hCG dalam urin wanita hamil sudah bisa terbaca oleh test pack.

Menunggu hasil tes terlalu lama

Karena test pack perlu waktu beberapa saat untuk menunjukkan hasil, banyak wanita yang meninggalkan alat tersebut sebentar untuk mengerjakan kegiatan yang lain.

Kemudian kembali lagi untuk memeriksa hasil test pack tanpa memperhatikan sudah berapa lama ia meninggalkan alat tersebut. Nah, hal ini bisa membuat test pack menunjukkan hasil yang salah.  

Hanya melakukan tes sekali saja

Bila tanda kehamilan sudah Anda rasakan seperti terlambat haid, tidak enak badan, dan mual, namun hasil test pack menunjukkan negatif, tidak ada salahnya untuk melakukan tes ulang.

Anda mungkin saja sudah hamil, namun karena test pack belum mendeteksi adanya hormon hCG dalam urine Anda, hasilnya pun jadi negatif.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes berkali-kali untuk memastikan kebenaran hasil tes. Banyak wanita yang mendapatkan hasil negatif pada tes pertama, kemudian mendapatkan hasil positif pada tes kedua atau ketiga.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

Terlalu awal membaca hasil tes

Banyak wanita yang tidak sabar menunggu hasil yang ditunjukkan oleh test pack, sehingga ketika garis kedua belum muncul, maka mereka langsung berasumsi belum hamil.

Padahal, pada petunjuk penggunaan, sudah dituliskan bahwa hasil test pack akan keluar setelah beberapa saat.

Tidak melakukan tes di pagi hari

Waktu dalam menggunakan test pack juga harus Anda perhatikan. Konsentrasi urin Anda ternyata memengaruhi hasil tes, sedangkan konsentrasi urin bisa berbeda-beda dalam sehari.

Sebaiknya lakukan tes kehamilan dengan test pack pada pagi hari karena urin di pagi hari adalah urin yang memiliki konsentrasi paling pekat dan mengandung hCG lebih tinggi daripada waktu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News