Bugar

Ini 4 Jenis Makanan yang Bantu Melawan Kanker Payudara

Ini 4 Jenis Makanan yang Bantu Melawan Kanker Payudara

MOMSMONEY.ID - Ada banyak cara melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Terdapat beberapa jenis makanan yang bantu melawan kanker payudara.

Seseorang dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi. 

Melansir Lompoc Valley Medical Center dan Health Shots, berikut makanan yang bantu melawan kanker payudara:

Makanan berserat

Makanan berserat dapat membantu Anda melawan sel kanker payudara.

Wanita yang mengonsumsi lebih banyak makanan berserat , baik sebelum maupun sesudah didiagnosis terkena kanker payudara, memiliki peluang lebih rendah untuk meninggal akibat kanker payudara.

Alpukat sebagai salah satu jenis makanan yang dapat melawan kanker payudara

Beberapa sumber serat yang menyehatkan tubuh dan bantu melawan kanker payudara di antaranya ada alpukat, biji chia, sayuran, buah-buahan, gandum, kentang, biji bunga matahari, dan minuman prebiotik.

Baca Juga: Kurangi Makanan Berminyak, Ini 3 Tips Menggoreng Kentang Dengan Sedikit Minyak

Sayuran crucifereous

Sayuran crucifereous juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa bantu melawan kanker payudara.

Menurut National Cancer Institute yang dilansir dari Lompoc Valley Medical Center sayuran crucifereous dapat mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menghancurkan sel kanker yang dapat kerbahaya bagi tubuh.

Sayuran crucifereous juga dapat menonaktifkan zat karsinogen (zat penyebab kanker). Yang tergolong ke dalam Sayuran crucifereous adalah: bok choy, brokoli, kubis, kol, sawi, lobak, dan selada air.

Baca Juga: Mudah Diaplikasikan, Ini 6 Cara Memilih Ikan Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

Produk kedelai

Susu kedelai sebagai salah satu jenis makanan yang dapat melawan kanker payudara

Produk kedelai, seperti susu kedelai misalnya, tergolong ke dalam jenis makanan yang dapat bantu melawan kanker payudara.

Studi yang MomsMoney kutip dari Mayo Clinic mengatakan bahwa diet yang kaya akan makanan kedelai lebih berpotensi mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Ini karena kedelai mengandung isoflavon, protein, dan serat yang seluruhnya memberi dampak kesehatan yang baik bagi tubuh, terutama untuk melawan kanker payudara.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Ikan berlemak

Jenis ikan berlemak (fatty fish) mengandung lemak sehat dan antioksidan yang bantu melawan kanker payudara dan mengurangi peradangan yang terkait dengan kanker payudara.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan In Vivo mengatakan bahwa wanita yang makan ikan berlemak dalam jumlah tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi ikan berlemak.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Memilih Udang Segar, Lihat Warna Hingga Kulitnya

Beberapa jenis ikan berlemak sehat di antaranya: Teri, ikan haring, kembung, salmon, sarden, tuna, dan trout. Ikan berlemak ini paling baik dimasak dengan cara dipanggang atau diasap,

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat bantu melawan kanker payudara. Jadi, segera lakukan pola hidup sehat seperti di atas sebelum kanker menghantui kehidupan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News