HOME, Bugar

Ini 4 Gejala Usus Buntu Pada Wanita yang Perlu Diketahui

Ini 4 Gejala Usus Buntu Pada Wanita yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Ada banyak gejala usus buntu pada wanita dewasa, seperti nyeri pada perut, mual, dan bisa juga terjadi demam pada beberapa kasus.

Berbagai gejala yang muncul bisa jadi mirip dengan kondisi medis lain. Pada kebanyakan kasus, gejala usus buntu dimulai dengan rasa nyeri perut tiba-tiba. Tepatnya di sekitar pusar.

Nyeri tersebut bisa hilang, lalu muncul lagi. Selain itu, dilansir dari Healthline inilah beberapa gejala usus buntu yang perlu diketahui, antara lain: 

Baca Juga: Kenali 15 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Pada Wanita

1. Nyeri perut bagian kanan bawah

Gejala usus buntu yang perlu diketahui pertama adalah nyeri perut bagian kanan bawah. Nyeri perut bagian kanan bawah merupakan gejala khas dari penyakit usus buntu.

Gejala ini dapat muncul dalam waktu beberapa jam setelah Anda mengalami nyeri perut di sekitar pusar. Biasanya, nyeri perut akan semakin parah saat Anda bergerak, bersin, batuk, menarik napas dalam-dalam, atau menekan perut.

2. Sembelit atau diare

Gejala usus buntu yang perlu diketahui kedua adalah sembelit atau diare. Tidak hanya mual dan muntah, beberapa wanita yang terkena penyakit usus buntu juga bisa mengalami sembelit atau diare.

Munculnya gejala ini terkadang disertai dengan susah buang angin dan perut kembung.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Ini 5 Gejela Usus Buntu pada Anak

3. Demam

Gejala usus buntu yang perlu diketahui ketiga adalah demam. Demam merupakan salah satu gejala usus buntu pada wanita dewasa yang penting untuk diwaspadai.

Kondisi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh tengah berusaha melawan infeksi bakteri di dalam usus buntu.

Meski demikian, terkadang gejala demam dan nyeri karena usus buntu pada wanita bisa mirip gejala infeksi saluran kemih.

4. Mual dan muntah

Gejala usus buntu yang perlu diketahui keempat adalah mual dan muntah. Wanita yang terkena penyakit usus buntu sering kali mengalami mual dan muntah.

Gejala ini biasanya muncul setelah keluhan nyeri perut bagian kanan bawah. Timbulnya gejala ini menandakan adanya sumbatan atau obstruksi usus akibat peradangan di usus buntu.

Karena merasa mual dan muntah, wanita yang sedang terkena penyakit usus buntu juga bisa saja menjadi kurang nafsu makan atau tidak mau makan sama sekali.

Itulah beberepa gejala usus buntu yang perlu diketahui agar bisa lebih waspada. 

Oleh karena itu, jangan sepelekan kemunculan gejala usus buntu. Segera temui dokter agar Anda bisa menjalani pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Semakin cepat gejala usus buntu terdeteksi dan ditangani, semakin rendah pula risiko Anda untuk mengalami komplikasi usus buntu yang berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News