Keluarga

Ini 4 Cara Sukses Membuat CV atau Resume untuk Daftar Kerja

Ini 4 Cara Sukses Membuat CV atau Resume untuk Daftar Kerja

MOMSMONEY.ID -  Simak 5 cara sukses membuat CV atau resume untuk daftar pekerjaan.

CV atau resume adalah salah satu alat yang memudahkan Anda untuk dilirik oleh para pemilik perusahaan atau HRD perusahaan. 

Biasanya, sebagai tim rekruter atau HRD, mereka akan membaca banyak sekali CV atau resume.

Tentunya, mereka perlu mempersingkat pekerjaan untuk segera menemukan kandidat yang paling tepat untuk perusahaannya. 

Baca Juga: Lagi Viral di TikTok, Ini 5 Cara Melakukan Manifestasi

Anda bisa membantunya dengan membuat CV atau resume yang mudah dilirik oleh para HRD atau pemilik perusahaan.

Yuk, simak 5 cara sukses membuat CV yang mudah dilirik oleh perusahaan:

1. Buat resume atau CV Anda sesingkat mungkin

Melansir Mashable, para HRD biasanya memiliki tenggat waktu yang singkat untuk membaca ratusan atau ribuan resume atau CV yang mereka terima.

Nah karena kebiasaan ini, HRD biasanya membaca cepat setiap resume dan mencatat daftar nama pengirim CV atau resume yang menarik bagi mereka. 

Dari kebiasaan ini, maka setengah halaman pertama adalah hal yang paling penting dalam resume atau CV Anda.

Buat pada setengah halaman pertama CV Anda ini memuat pengalaman terbaru dan paling relevan dengan posisi yang Anda inginkan. 

Baca Juga: Bisa Dilatih, Ini 4 Cara Meningkatkan Public Speaking

2. Pahami perbedaan antara tanggung jawab dan pencapaian

Kesalahan pertama seseorang dalam membuat CV atau resume adalah tidak memahami bagaimana cara yang tepat menggambarkan pengalaman Anda membuat perbedaan.

Tujuan dari resume atau CV Anda adalah menjelaskan dampak dari kinerjamu di lingkungan pekerjaan. 

Resume atau CV yang efektif mampu menjelaskan dengan tepat perubahan sebelum dan sesudah kehadiran Anda.

Pastikan pembaca Anda bisa mengukur kinerja Anda di tempat kerja dan bagaimana perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari keberadaan Anda.

Coba dengan menuliskan kuantitas dalam pencapaian Anda di tempat kerja sebelumnya. 

3. Identifikasi dan gunakan indikator kinerja Anda

Dalam dunia kerja, Anda akan menemukan indikator penilaian kinerja atau Key Performance Indicators (KPI). Gunakan angka pada KPI Anda pada CV atau resume. 

Anda bisa memasukan data-data seperti angka penjualan, nilai pelayanan Anda terhadap pelanggan, peningkatan penjualan, data kunjungan situs dan hal lainnya. Data ini akan memudahkan pembaca resume memahami dampak Anda di tempat kerja.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertipu, Ini Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Wajib Diwaspadai

4. Sorot kata kunci Anda dalam resume

Saat membaca deskripsi pekerjaan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan, Anda akan mengetahui kata kunci yang paling relevan untuk dimasukan ke dalam resume atau CV.

Nah, sebaiknya masukan kata kunci tersebut dalam pencapaian yang Anda tulis di resume atau CV. Ini akan membuat CV Anda lebih menonjol.

Ini juga akan membantu Anda dianggap ahli dalam posisi yang Anda inginkan sehingga Anda akan dinilai sebagai kandidat yang menarik. 

Jika Anda ahli dalam berkomunikasi dengan pelanggan, fokus pada keahlian ini. Buat diri Anda terlihat sebagai spesialis di bidang Anda sebab banyak perusahaan suka memiliki karyawan yang sudah ahli dibidangnya. 

Demikian 4 cara sukses membuat CV atau resume Anda dilirik oleh para HRD dan pemilik perusahaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News