HOME, Bugar

Ini 4 Cara Menjaga Pola Makan Sehat Agar Kulit Sehat dan Glowing

Ini 4 Cara Menjaga Pola Makan Sehat Agar Kulit Sehat dan Glowing

MOMSMONEY.ID - Mendapatkan kulit sehat dan glowing harus diimbangi dengan menjaga pola makan sehat. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari akan berpengaruh ke kondisi tubuh, termasuk kulit.

Jika Anda memiliki pola makan asal-asalan, maka jangan berharap bisa mendapatkan kulit yang sehat. Produk skincare dan pola makan yang terjaga akan memberikan efek baik pada kulit. Bagaimana cara menjaga pola makan sehat? Melansir dari natur-e.co.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Hindari atau Batasi Gorengan

Cara menjaga pola makan sehat pertama adalah hindari atau batasi gorengan. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang memicu produksi sebum atau minyak pada kulit. Sehingga, kulit gampang kusam dan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

Gorengan juga memiliki kadar garam atau gula yang tinggi, sehingga dapat mengganggu kadar hormon dan berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Disarankan Anda beralih ke alternatif makanan yang lebih sehat seperti makanan yang dipanggang atau buat makanan dari buah dan sayur segar yang kaya antioksidan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Alasan Penting Memakai Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

2. Ganti Kopi atau Minuman Manis dengan Teh Hijau

Cara menjaga pola makan sehat selanjutnya yaitu ganti kopi atau minuman manis dengan teh hijau. Minuman-minuman tersebut mengandung kafein dan gula yang tinggi akibatnya bisa memicu masalah baru. Selain berpengaruh ke kondisi kesehatan tubuh, tetapi bisa juga ke kulit Anda yang berubah kusam. 

Sebaiknya gantilah dengan minuman kekinian lainnya berbahan teh hijau. Bisa diseduh hangat atau dinikmati dingin dengan tambahan susu rendah lemak, teh hijau kaya akan polifenol yang membantu memperlancar peredaran darah dan oksigen ke kulit. Hasilnya, kulit tampak lebih segar dan glowing sepanjang hari.

3. Konsumsi Sayuran dan Buah Secara Rutin

Berikutnya, mengonsumsi sayuran dan buahan secara rutin. Radikal bebas yang bisa berasal dari polusi atau proses metabolisme dalam tubuh dapat merenggut kesehatan kulit Anda menjadi kering dan kusam.

 Saatnya meningkatkan asupan antioksidan dengan membuat perubahan sehat pada pola makan. Sertakan sayuran berdaun hijau seperti sawi, bayam, dan kangkung yang mengandung banyak antioksidan termasuk karotenoid, lutein dan zeacanthin untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Cara menjaga pola makan sehat lainnya adalah minum air putih yang cukup. Anda mungkin sudah sering mendengar saran ini, tetapi meminum air putih yang cukup bisa menjaga kulit terhidrasi dan mencegah munculnya jerawat.

Minum minimal 8 gelas air putih dapat membantu melepaskan racun dari tubuh, bahkan mencegah kulit kusam dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News