Keluarga

Ini 4 Cara Cegah Penularan HIV, Virus Penyebab AIDS

Ini 4 Cara Cegah Penularan HIV, Virus Penyebab AIDS

MOMSMONEY.ID - Menjelang peringatan Hari AIDS Sedunia, kenali dulu yuk cara pencegahan HIV, virus penyebab AIDS.

AIDS adalah penyakit yang disebabkan HIV yang menyebar dalam tubuh seseorang.

HIV merupakan merupakan virus yang mudah ditularkan dari orang ke orang melalui pertukaran cairan tubuh.

Baca Juga: Jelang Hari AIDS Sedunia, Ketahui Beda HIV dan AIDS Berikut Ini

Agar bisa terhindar dari penyakit AIDS, penting juga untuk mengetahui cara tepat pencegahan virus HIV.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah HIV:

Jauhi obat-obatan terlarang

Mengonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dapat memicu munculnya tindakan berbahaya, seperti menggunakan suntik untuk memasukkan obat tersebut ke dalam tubuh.

Suntikan yang digunakan untuk menyuntikkan narkoba tersebut juga bisa menularkan virus HIV jika digunakan secara bersamaan. Apalagi, jika suntikan tersebut bekas digunakan oleh orang yang terkena HIV.

Gunakan kondom

Menggunakan kondom adalah cara termudah agar terhindar dari HIV. Kondom bisa mencegah pertukaran cairan pada tubuh yang menjadi cara penularan HIV.

Namun, tak bisa sembarangan juga untuk menggunakan kondom. Pastikan kondom yang digunakan dalam kondisi baik dan belum kadaluarsa. Gunakan pelumas juga agar terhindar dari risiko kondom rusak atau sobek saat digunakan.

Baca Juga: 34 Link Twibbon Hari AIDS Sedunia 2022, Diperingati 1 Desember

Konsumsi obat pencegahan HIV

Laman Very Well Health menjelaskan, untuk mencegah tertular HIV, konsumsi obat pencegahan HIV juga bisa digunakan sebagai treatment-nya. Salah satunya adalah PrEP.

PrEP adalah obat yang digunakan sebagai treatment pada pengobatan HIV yang bisa mengurangi resiko tertular HIV sebanyak 99%.

Menurut CDC, dikutip dari laman Very Well Health, orang dewasa yang telah aktif secara seksual juga perlu untuk diberikan edukasi mengenai PrEP dan manfaatnya untuk mencegah tertular HIV.

Lakukan tes rutin

Seseorang dengan aktivitas seksual tinggi juga sebaiknya mulai memperhatikan kesehatan dengan melakukan tes HIV atau penyakit menular lainnya.

Melansir dari laman Health Line, pastikan untuk melakukan tes HIV secara rutin dengan pasangan. Ada baiknya untuk melakukan tes ini sebelum melakukan hubungan seksual.

Sehingga, satu sama lain menjadi tahu bagaimana kondisi kesehatan seksual sebelum berhubungan badan. Sebagai tambahan, vaksin HPV atau Hepatitis B juga bisa dipilih.

Itulah tadi beberapa cara untuk mencegah terjangkit virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News