CLOSE [X]
ads

Ini 4 Alasan Hewan Kucing Butuh Tempat Persembunyian

Sumber: ASPCA pro,The Spruce Pets
Kamis, 23 Juni 2022 | 15:30 WIB
Ini 4 Alasan Hewan Kucing Butuh Tempat Persembunyian


MOMSMONEY.ID - Hewan kucing biasanya memiliki kebiasaan yang sulit dihilangkan, seperti mencakar-cakarkan kukunya, mengejar sesuatu, dan bersembunyi. Umumnya, kebiasaan tersebut dilakukannya karena naluri alami mereka.

Bahkan, meski sudah dipelihara, kucing tetap suka bersembunyi di lokasi-lokasi yang tak terduga dan terkadang sulit ditemukan oleh pemiliknya. Misalnya, di dalam kotak-kotak kosong yang kecil dan sudut ruangan yang sempit. Apa ya alasan kucing melakukan itu?

Baca Juga: Imut dan Menggemaskan, Ini 6 Jenis Ras Anjing Mini yang Cocok Dipelihara

Bersembunyi Normal Bagi Kucing

Dilansir dari The Spruce Pets, bersembunyi adalah perilaku normal yang dimiliki kucing. Hal ini dapat terjadi secara berpola atau berpindah-pindah, seperti di dalam lemari, di bawah tempat tidur, dan sebagainya.

Beberapa kucing juga akan memilih posisi yang lebih tinggi untuk bersembunyi, seperti di atas lemari. Ini memiliki manfaat tambahan bahwa mereka masih bisa mengamati keadaan sekitarnya.

Hal normal lainnya, kucing adalah pemangsa di alam liar, mereka secara naluriah didorong untuk bersembunyi ketika mereka menyelinap ke calon mangsa dan menghindari pemangsa lain (karnivora yang lebih besar). Bersembunyi adalah keahlian mereka.  

Bersembunyi Dapat Mengurangi Stres

Tempat persembunyian adalah salah satu kebutuhan dasar kucing di samping makanan dan minumannya. Semua kucing, berapa pun usianya, mendapat manfaat dari memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Dilansir dari ASPCApro, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Welfare mengatakan, bahwa kucing yang memiliki tempat untuk melarikan diri menunjukkan lebih sedikit stres daripada mereka yang tidak.

Tempat persembunyian akan memberi waktu kucing untuk menenangkan diri sampai mereka siap untuk pergi keluar lagi.

Mencari Kenyamanan dan Perlindungan

Banyak orang berpikir bahwa kucing bersembunyi adalah hal yang negatif. Padahal, kucing membutuhkan kenyamanan yang hanya dimengerti kucing itu sendiri.

Sementara itu, kucing yang ketakutan akan selalu mencari tempat yang aman untuk ditempati.  Apalagi jika Anda memelihara beberapa kucing sekaligus dalam satu rumah, mereka pasti akan melakukannya.

Baca Juga: Bulu Hewan Peliharaan Rontok? Ini 4 Kemungkinan Penyebabnya

Meski kucing tidak memiliki masalah dengan ketakutan, tetapi tetap penting untuk menyediakan ruang pribadi semacam ini untuk mereka bersembunyi. Untuk beberapa kucing, bersembunyi mungkin hanya digunakan sebagai tempat tidur yang jauh dari kebisingan dan nyaman. Pastikan saja kucing peliharaan Anda selalu memiliki tempat yang nyaman untuk tidur dan bersantai, sehingga mereka dapat memiliki pilihan untuk itu.

Apa yang Harus Dikhawatirkan Ketika Kucing Bersembunyi

Ketika kucing Anda telah memutuskan untuk bersembunyi lebih lama dengan tidak mau makan dan jarang menggunakan kamar mandinya, mungkin mereka sedang merasa tidak enak badan dan rasa sakit yang disembunyikan.

Kecurigaan ini dapat ditandai sebagai proses penyait. Anda dapat membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan fisik menyeluruh serta tes pemeriksaan darah dan radiografi.

Namun, jika dokter hewan tidak menemukan sesuatu yang buruk secara medis dengan kucing Anda, maka mibat untuk bersembunyi sepanjang waktu kucing Anda merupakan masalah perilaku yang sebenarnya.

Hal-hal yang menyebabkannya adalah perpindahan ke rumah baru, orang baru, hewan peliharaan lain di rumah, atau kucing sedang stres.

Jika kucing bersembunyi karena stres, dokter hewan mungkin akan merekomendasikan obat anti-kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER