AturUang

Ini 3 Produk Simpanan di Bank Beserta Keuntungannya

Ini 3 Produk Simpanan di Bank Beserta Keuntungannya

MOMSMONEY.ID – Bank menjadi tempat bagi nasabah untuk simpan uang dan kelola uang. Aman menjadi alasan masyarakat untuk menyimpan dana mereka di bank, serta tidak orang-orang yang menabung di bank karena tergiur dengan bunga atau bagi hasil yang ditawarkan bank.

Bayangkan saja jika Anda menyimpan dana dalam jangka waktu lama dan nominal simpanan Anda bernilai jumbo maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Saat ini, ada tiga jenis simpanan di bank yang masing-masing memiliki keuntungan yang ditawarkan bagi setiap nasabahnya. Apa saja itu? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) punya rinciannya, simak di bawah ini :

1. Tabungan

Jenis simpanan yang satu ini memang paling familiar dan banyak dipilih oleh nasabah. Tabungan adalah simpanan uang di bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu.
Pada intinya, tabungan memiliki ketentuan berikut:

- Setoran awal dan saldo minimal memiliki batas yang berbeda tergantung ketentuan masing-masing bank;

- Bunga atau bagi hasil tabungan lebih kecil dibandingkan deposito;

- Dikenakan biaya administrasi bulanan yang telah ditetapkan oleh bank.

Baca Juga: Promo Alfamidi Ngartis 16-30 April 2024, Ada Beli 1 Gratis 1 hingga Beli 3 Gratis 1

Walaupun bunga atau bagi hasil jenis simpanan ini lebih kecil dibandingkan dengan deposito, tapi banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memilih tabungan, yaitu:

- Setoran awal cukup rendah dan terjangkau

Biasanya nasabah dapat membuka tabungan dengan setoran awal sekitar Rp 20.000, Rp 50.000, atau lebih tinggi tergantung jenis tabungan yang dipilihnya.

- Transaksi lebih mudah dan bisa di mana saja

Anda bisa menabung di bank-bank terdekat dan juga dapat melakukan transaksi perbankan elektronik 24 jam melalui ATM, SMS BankingMobile Banking, dan Internet Banking. Bahkan kini Anda bisa melakukan setoran tunai di ATM hingga membuka rekening hanya dari Mobile Banking.

- Dapat diambil kapan saja

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mengambil tabunganmu kapan saja. Jika keadaan terdesak Anda hanya perlu menarik uang di bank atau ATM yang banyak tersebar di berbagai penjuru dan aktif selama 24 jam.

2. Rekening Giro

Rekening giro adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perseorangan ataupun badan usaha dalam rupiah ataupun mata uang asing. Yang membedakan rekening giro dengan tabungan adalah penarikan uang hanya bisa dilakukan menggunakan warkat cek atau bilyet giro pada jam operasional bank.

Keuntungan menjadi nasabah rekening giro antara lain:

- Dapat melakukan pembayaran dengan cek sebagai pengganti uang tunai

Cek yang dikeluarkan oleh bank dapat digantikan sebagai pembayaran atau pengganti uang tunai yang nantinya dapat dicairkan secara tunai. Seseorang yang menukarkan ceknya dapat menerima uang tunainya paling cepat sesuai tanggal yang tertera pada cek.

- Mudah dan cukup praktis

Jika Anda orang yang sibuk dan banyak melakukan bisnis dengan orang lain, Anda dapat menyerahkan cek yang telah dikeluarkan oleh bank kepada seseorang penerima yang nantinya dapat mengisi data pribadi sendiri. Selanjutnya sang penerima dapat mencairkan uang tersebut langsung ke bank sesuai tanggal yang tertera pada cek tersebut.

- Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak

Membawa uang dalam jumlah banyak memang membuat kekhawatiran semakin tinggi karena rawan pencurian, tapi dengan rekening giro Anda bisa cukup membawa cek atau bilyet giro sebagai alat pembayaran dan meminimalisir tingkat kejahatan.

Baca Juga: Promo Natasha Special Day, Diskon 50% bagi yang Berulang Tahun di Bulan April 2024

3. Deposito

Deposito adalah jenis simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan dalam waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Mirip dengan tabungan, sederhananya deposito itu jenis simpanan yang dimana hanya dapat diambil jika jangka waktunya sudah tiba atau dengan kata lain tidak bisa diambil kapanpun seperti tabungan.

Karakteristik deposito antara lain:

- Mayoritas bank menetapkan setoran awal minimum Rp 10 Juta (berbeda setiap bank);

- Memiliki suku bunga atau bagi hasil yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan;

- Memiliki jatuh tempo 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, atau 24 bulan dan dapat diperpanjang otomatis;

- Deposito dapat dalam mata uang rupiah maupun mata uang asing;

- Pencairan deposito sebelum jatuh tempo akan dikenakan biaya.

Baca Juga: Promo Hypermart Dua Mingguan s/d 24 April 2024, Beragam Merek Detergen Harga Ekonomis

Jenis simpanan ini sangat cocok dipilih untuk Anda yang sulit menabung karena penarikan uang tidak bisa dilakukan sebelum jatuh tempo, karena akan dikenakan biaya yang membuat kita rugi.

Namun jangan sedih karena banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika memilih simpanan ini, antara lain:

- Memperoleh bunga atau bagi hasil yang umumnya lebih tinggi dari bentuk simpanan lainnya. Suku bunga atau bagi hasil deposito lebih tinggi dibandingkan jenis simpanan tabungan.

- Dapat mengelola keuangan secara lebih terencana sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu deposito

- Risiko rendah

Bagi Anda yang tidak terlalu berani mengambil risiko tinggi, maka deposito sangat tepat untuk Anda pilih sebagai salah satu instrumen investasi. Selain suku bunga atau bagi hasil yang ditawarkan cukup tinggi, deposito juga dijamin oleh LPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News