Bugar

Ini 3 Jenis Gangguan Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Ini 3 Jenis Gangguan Tidur yang Wajib Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Gangguan tidur adalah kondisi ketika mengalami perubahan pola tidur. Kondisi ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan dan kualitas hidup seseorang secara menyeluruh.

Gejala yang dialami tiap pengidapnya pun akan berbeda-beda, tergantung dari jenis gangguan tidur yang dialami.

Gangguan tidur yang dibiarkan dalam waktu yang cukup lama dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mentalbahkan peningkatan risiko penyakit kronis.

Dilansir dari Sleep Education, inilah berbagai jenis gangguan tidur yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa melakukan penanganan yang tepat, antara lain: 

 Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Cara Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Insomnia

Dari berbagai jenis gangguan tidur, insomnia merupakan yang paling sering didengar di telinga kebanyakan orang. Kondisi ini terjadi ketika seseorang sulit memulai atau mempertahankan tidur.

Orang tua dan wanita lebih berisiko mengalaminya. Penyebab insomnia cukup beragam, antara lain stres, gangguan pencernaan, serta hormon.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia dengan tidur pada jam yang sama setiap hari, mematikan lampu kamar dan menghindari minum kopi saat menjelang tidur.

Sleep terror

Sleep terror termasuk ke dalam parasomnia dan pengidapnya mengalami beberapa gejala seperti halusinasi, berteriak, napas menjadi lebih cepat, hingga menangis di tengah tidurnya.

Namun, kondisi ini berbeda dengan mimpi buruk, pasalnya sleep terror biasanya terjadi pada tahap NREM, sedangkan mimpi buruk umumnya terjadi setelah tahap REM.

Biasanya, setelah mengalami sleep terror, pengidap akan kembali untuk tertidur dan tidak mengingat kejadian yang telah terjadi. Mereka hanya akan merasakan kelelahan saat bangun tidur.

Sleep terror rentan terjadi pada tiga jam pertama waktu tidur. Kondisi ini bisa terjadi akibat kelelahan, demam, hingga stres.

Baca Juga: Anda Menderita Insomnia? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Mengatasinya

Sleep apnea

Sebagian orang mendengkur ketika tidur. Meski kerap dianggap bukan masalah, mendengkur juga gangguan tidur. Sementara itu, ada yang lebih serius yakni sleep apnea.

Dari macam-macam gangguan tidur, ini adalah salah satu kondisi kesehatan yang serius karena mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen dan membuat Anda terjaga pada malam hari.

Terdapat beberapa terapi OSA yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker oksigen bertekanan khusus.

Itulah beberapa jenis gangguan tidur yang bisa dialami oleh siapa saja. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit ketika gangguan tidur yang Anda alami menyebabkan gangguan pada aktivitas sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News