Bugar

Ini 3 Gejala Gangguan Tidur yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

Ini 3 Gejala Gangguan Tidur yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

MOMSMONEY.ID - Gangguan tidur adalah kondisi ketika Anda mengalami perubahan pada pola tidur yang Anda jalani dan bisa saja terjadi dalam waktu yang lama, dikutip dari Health Focus.

Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini bukan hanya memengaruhi kegiatan sehari-hari, tetapi juga berisiko meningkatkan gangguan kesehatan fisik dan mental. 

Gangguan tidur dapat menyebabkan pengidapnya mengalami kondisi yang tidak nyaman pada siang hari, seperti kurang fokus hingga kantuk sepanjang hari.

Jika tidak ditangani dengan baik, tentunya hal ini dapat menyebabkan terhambatnya aktivitas sehari-hari. Ada berbagai penyebab gangguan tidur yang kerap dialami.

Seperti misalnya akibat stres, adanya riwayat penyakit tertentu, pola tidur yang kurang baik, risiko pekerjaan, hingga mengonsumsi berbagai makanan yang memicu insomnia.

Baca Juga: Apa Benar Yoga Bisa Mengobati Insomnia? Baca Selengkapnya di Sini

Dilansir dari Sleep Education, inilah beberapa gejala gangguan tidur yang tidak bisa disepelekan dan harus segera diperiksanakan ke dokter jika mengalaminya, antara lain: 

Rasa mengantuk terus menerus

Bukan hanya gejala pada malam hari, jika Anda merasa selalu merasa kantuk pada siang hari sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Kondisi ini bisa Anda tandai dengan lebih banyak tidur dibandingkan melakukan aktivitas pada siang hari. Bahkan, kondisi ini juga meningkatkan risiko kecelakaan.

Selain menyebabkan gangguan tidur pada malam hari, rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari juga menyebabkan Anda tidak bisa fokus dalam belajar, berkejam atau melakukan aktivitas lainnya. 

Mengalami insomnia parah atau kronis

Insomnia akan membuat Anda kesulitan untuk tidur pada malam hari. Selain itu, pengidap insomnia akan sering terbangun dari tidurnya sehingga membuat kualitas tidur menurun. 

Insomnia kronis bisa ditandai dengan kesulitan tidur setiap hari. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan agar waktu tidur yang Anda miliki bisa diperbaiki. 

Baca Juga: Apakah Gangguan Tidur Adalah Gejala Gangguan Jiwa? Ini Penjelasannya

Dengkuran yang mengganggu

Jika pasanganmu atau orang lain kerap mengeluhkan dengkuran yang Anda alami selama tidur, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan agar kondisi ini lekas membaik.  

Mendengkur terlalu keras bisa menjadi tanda obstructive sleep apnea yang merupakan kelainan yang berbahaya. Penyakit ini dapat memicu komplikasi kesehatan, seperti stroke, gangguan jantung, hingga gangguan metabolisme.

Jika Anda atau anggota keluarga memiliki tanda dan gejala di atas, segeralah berbicara dengan dokter guna mendapat penanganan yang tepat. Pilih dokter atau rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News