HOME, Bugar

Ini 3 Aplikasi untuk Membantu Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Ini 3 Aplikasi untuk Membantu Kesehatan Mental di Masa Pandemi

MOMSMONEY.ID - Belakangan, pertolongan untuk masalah kesehatan mental sudah semakin mudah untuk diakses.

Kalau dulu kita harus repot-repot mendatangi rumah sakit, puskesmas, atau biro psikologi untuk melakukan konsultasi, sekarang kita bisa melakukan semua itu lewat bantuan aplikasi yang tersedia di ponsel kita.

Apalagi, di masa pandemi dan PPKM yang sedang dijalankan pemerintah seperti sekarang, rasanya kita perlu seseorang untuk mendengarkan keluh kesah kita supaya tidak cepat stres.

Nah, kali ini MomsMoney punya rekomendasi aplikasi yang bisa Moms gunakan untuk konsultasi masalah kesehatan mental dengan para profesional di bidangnya. Aplikasi ini bisa Moms temukan dengan mudah di Google Playstore atau App Store.

Baca Juga: Stres Bisa Mendatangkan Penyakit, Kenali Tanda-Tandanya!

Halodoc

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Halodoc (@halodoc)

Kalau Moms mengira Halodoc dan aplikasi sejenis hanya melayani konsultasi dokter, Moms salah nih. Soalnya, Halodoc juga punya layanan kesehatan mental lewat konsultasi psikolog klinis dan psikiater.

Pertama-tama, moms perlu mengisi saldo di Halodoc terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi di aplikasi. Enaknya, moms bisa membayar menggunakan saldo GoPay yang disambungkan ke aplikasi Halodoc. Kalau tidak punya GoPay, jangan khawatir, moms bisa mengisi ulang saldo Halodoc dengan mudah, kok.

Setelah mengisi saldo, moms perlu memilih menu “Chat dengan Dokter”, kemudian pilih spesialis yang dituju. Jika moms ingin melakukan konsultasi psikologi, maka moms tinggal memilih spesialis Psikolog Klinis.

Setelah itu, moms pilih saja psikolog yang ingin dihubungi. Jika transaksi berhasil, Halodoc akan menyambungkan moms dengan psikolog terkait. Selanjutnya, silakan berkonsultasi!

Oiya, Halodoc menyediakan waktu sekitar 30 sampai 45 menit untuk 1 kali sesi, ya. Jadi, sebelum melakukan konsultasi, moms bisa mencatat poin-poin yang ingin disampaikan dulu.

Baca Juga: Pahami 6 Cara Menangani Rasa Tidak Nyaman Karena Stres

Riliv

Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2015 ini sudah terbukti kualitasnya lo, Moms. Selain konsultasi psikologi, Riliv juga punya layanan meditasi untuk membantu Moms mencapai kualitas kesehatan mental yang baik.

Berbeda dengan Halodoc, Riliv memang berfokus pada layanan kesehatan mental. Riliv menawarkan beberapa paket konseling sesuai kebutuhan penggunanya. Moms bisa memilih paket untuk konseling lewat chat, telepon, atau video call.

Cara menggunakan layanan konselingnya cukup mudah kok, Moms. Lewat website Riliv di riliv.co, ada penjelasan singkat tentang cara penggunaan layanan konseling.

Pertama, moms perlu memilih jenis paket konseling. Setelah melakukan pembayaran dan paket telah aktif, moms akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia.

Setelah itu, moms tinggal duduk manis dan menunggu dihubungi oleh konselor Riliv. Jika sudah, maka moms bisa mengatur jadwal konseling dan melakukan sesi konseling, deh.

Baca Juga: Biar Tidak Stres, Ini Dia Rekomendasi 5 Lagu Melewati Hari-Hari Selama PPKM

Kalm

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KALM (@get.kalm)

Aplikasi ini baru meluncur tahun 2018, namun sudah memiliki layanan kesehatan mental yang bisa diandalkan, Moms.

Fitur lain yang ditawarkan Kalm selain layanan konseling adalah gratitude journal atau jurnal rasa syukur. Dalam fitur ini, moms bisa menuliskan hal-hal apa saja yang Moms syukuri pada hari ini. Menurut website Kalm di get-kalm.com, kebiasaan menulis gratitude journal bisa membantu memperbaiki pola pikir positif, menurunkan tingkat stres, dan memperbaiki tidur.

Sama seperti kedua aplikasi di atas, cara penggunaan aplikasi ini pun mudah. Setelah mengunduh aplikasi, Moms akan diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengetahui kebutuhan konseling moms.

Lalu, moms akan disambungkan ke konselor yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Setelahnya, pilih paket konseling sesuai kebutuhan. Terakhir, Moms bisa melakukan sesi konseling dengan konselor terpilih kapan pun dan di mana pun.

Di Kalm, moms akan terus dilayani oleh konselor yang sama. Kalau mau ganti karena tidak cocok, bagaimana? Mudah kok, moms bisa mengganti konselor sampai ketemu yang cocok. Nyaman banget, kan?

Saat ini, kesehatan mental sama berharganya dengan kesehatan jasmani. Oleh karena itu, moms bisa memanfaatkan ketiga aplikasi di atas untuk membantu menjaga kesehatan mental. Selamat mencoba, moms!

Selanjutnya: Simak Cara Tidur Berkualitas pada Malam Hari, Penting Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News