HOME, Keluarga

Ingin Vacuum Cleaner Anda Awet dan Tahan Lama? Yuk, Ikuti 4 Cara Ini

Ingin Vacuum Cleaner Anda Awet dan Tahan Lama? Yuk, Ikuti 4 Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Vacuum cleaner atau alat pengisap debu merupakan salah satu alat rumah tangga yang sangat membantu pekerjaan sehari-hari di rumah, terutama untuk membersihkan segala jenis permukaan.

Oleh karena itu, vacuum cleaner harus senantiasa dijaga dan dirawat agar tetap awet dan tahan lama. Sayang kan jika harus sering-sering membeli ulang vacuum cleaner hanya karena penggunaan dan perawatannya yang tidak tepat?

Nah, bagaimana caranya supaya vacuum cleaner yang Anda gunakan tetap awet dan tahan lama? Dilansir dari Sharp Indonesia dan ACE Hardware, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Bersihkan 8 Benda Ini dengan Vacuum Cleaner

Hanya gunakan untuk mengisap debu

Berbeda dengan sapu, vacuum cleaner sebenarnya tidak didesain untuk membersihkan atau mengisap segala jenis kotoran. Vacuum cleaner akan bekerja lebih maksimal jika digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran kecil lainnya, sehingga Anda sebaiknya tidak memaksanya untuk mengisap kotoran berukuran besar atau mengisap cairan.

Solusinya, Anda bisa menggunakan sapu biasa untuk membersihkan kotoran dan debu berukuran besar, lalu baru gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisanya. Untuk membersihkan cairan, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner berjenis wet and dry yang didesain khusus untuk menyerap cairan.

Buang debu pada kantong atau tangki sebelum penuh

Sebelum menggunakan vacuum cleaner, sebaiknya periksa dulu kantong atau tangki debu untuk memastikan isinya masih kosong. Jangan menggunakan vacuum cleaner dengan kantong debu yang penuh atau menunggu kantongnya terisi penuh sebelum membuangnya.

Mengapa? Sebab, kantong debu yang terisi penuh bisa mengurangi daya hisap vacuum cleaner, sehingga permukaan yang dibersihkan tidak bisa bersih dengan maksimal. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, kemampuan vacuum cleaner bisa menurun dan rusak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner di Bawah 1 Juta yang Terjangkau dan Berkualitas

Bersihkan vacuum cleaner secara rutin

Karena digunakan untuk mengisap debu dan kotoran, tentu bagian dalam vacuum cleaner akan cepat kotor. Oleh karena itu, jangan malas untuk membersihkan vacuum cleaner secara rutin.

Tergantung jenis vacuum cleaner yang Anda gunakan, ada bagian-bagian tertentu yang perlu dibersihkan dengan cermat, seperti filter, pipa, corong, dan tangki debunya. Bersihkan secara lembut dengan lap dan air (jika memungkinkan), lalu keringkan dan simpan di tempat yang kering.

Jangan gunakan terlalu lama

Beberapa produsen vacuum cleaner menyarankan untuk menggunakan vacuum cleaner dalam jangka waktu tertentu, misalnya jangan lebih dari 30 atau 45 menit. Hal ini tentu memiliki alasannya tersendiri.

Pasalnya, vacuum cleaner yang digunakan atau dioperasikan terlalu lama dapat mengalami overheat atau panas berlebih. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini dapat merusak kinerja mesin vacuum cleaner. Sebaiknya, biarkan vacuum cleaner beristirahat sekitar 15,20 menit sampai mesinnya benar-benar dingin, lalu lanjutkan pemakaian seperti biasa.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat vacuum cleaner di rumah.

Bagaimana, tidak sulit kan? Kuncinya, Anda perlu cermat dan telaten dalam menggunakan vacuum cleaner. Dijamin, vacuum cleaner Anda akan awet dan tahan lama!

Selanjutnya: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner yang Ampuh Basmi Tungau, Kasur Ekstra Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News