HOME, Bugar

Ingin Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa? Lakukan Olahraga Ringan Ini!

Ingin Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa? Lakukan Olahraga Ringan Ini!

MOMSMONEY.ID - Selama bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang mengurangi aktivitas fisiknya agar badan tetap fit selama menjalankan puasa. 

Bahkan, sebagian besar di antaranya juga berhenti berolahraga karena merasa bahwa kurangnya asupan pada tubuh dapat membahayakan.

Padahal, olahraga di bulan puasa sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. 

Selain itu, berolahraga selama puasa juga tidak harus dilakukan dengan intensitas yang berat. Sebab, Anda juga dapat menjajal olahraga ringan yang tidak menguras tenagamu secara berlebihan. 

Baca Juga: 5 Tips Berpuasa Aman untuk Penderita Anemia

Dilansir dari Health Focus, inilah bsederet manfaat olahraga ringan saat berpuasa yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

1. Melancarkan metabolisme

Manfaat olahraga ringan saat berpuasa yang pertama adalah bisa melancarakan metabolisme. Kata ahli, tubuh mesti tetap dijaga dan dilatih agar tetap aktif bergerak.

Salah satu tujuannya agar metabolisme tetap berjalan dengan optimal, sehingga tubuh tetap dalam kondisi fit.

Jika Anda memilih untuk berhenti total berolahraga saat puasa, justru ini bisa menyebabkan berbagai perubahan yang signifikan pada otot, metabolisme, dan hormonal tubuh.

2. Menjaga berat badan

Manfaat olahraga ringan saat berpuasa yang kedua adalah menjaga berat badan. Jangan mudah percaya dengan selentingan tersebut.

Ketika berpuasa umumnya orang-orang akan mengurangi aktivitas fisik dan makan secara berlebihan setelah berbuka.

Imbasnya, bukannya semakin turun, justru bobot tubuh akan makin meningkat. Makanya saat berpuasa, sebaiknya olahraga justru tidak ditinggalkan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

3. Membantu proses detoksifikasi tubuh

Manfaat olahraga ringan saat berpuasa yang ketiga adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Pada dasarnya, proses pengeluaran racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi terjadi ketika sistem pencernaan bekerja.

Ketika berpuasa sistem pencernaan pun ikut beristirahat. Di sinilah peran penting olahraga saat puasa, aktivitas fisik ini akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening.

4. Mengoptimalkan kinerja hormon

Manfaat olahraga ringan saat berpuasa yang keempat adalah mampu mengoptimalkan kinerja hormon. Olahraga saat puasa juga bisa membantu tubuh untuk mengoptimalkan kinerja hormon.

Menariknya lagi, olahraga saat berupuasa juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes. 

Selain itu, rutin berolahraga selama bulan Ramadan juga dapat membantu tubuh untuk memicu produksi hormon pertumbuhan.

Hormon ini berperan penting dalam pembentukan jaringan otot, meningkatkan kepadatan tulang, membakar lemak, hingga meningkatkan harapan hidup lebih lama.

Itulah beberapa manfaat olahraga ringan saat berpuasa yang perlu Anda ketahui. Mulai dari menjaga proses detoksifikasi pada tubuh tetap lancar, hingga menjaga berat badan tetap ideal. 

Namun, pastikan bahwa kondisi kesehatanmu benar-benar aman jika ingin berolahraga di bulan Ramadan. Tujuannya agar risiko berbagai gangguan kesehatan serius dapat diminimalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News