Santai

Ingin Terhindar dari Burnout? Ini Ada 4 Cara Mudahnya, Coba Yuk!

Ingin Terhindar dari Burnout? Ini Ada 4 Cara Mudahnya, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Kelelahan berlebihan atau yang akrab disebut dengan burnout adalah suatu kondisi yang rentan dialami orang-orang masa kini.

Burnout sendiri terjadi karena menumpuknya rasa lelah secara mental yang disebabkan olah banyak hal. Bisa karena pekerjaan, karir, maupun kondisi yang memicu munculnya stress berlebih.

Stress adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari, namun berbeda dengan burnout yang ternyata bisa dicegah. Berikut adalah beberapa cara agar terhindar dari kondisi burnout.

Baca Juga: Ketahui Kepribadian Diri Melalui 6 Website Tes Psikologi Gratis Ini!

Analisa prioritas

Penyebab seseorang mengalami burnout adalah karena tidak bisa memprioritaskan kepetingannya. Skala prioritas adalah hal yang harus diterapkan agar terhindar dari burnout dan tidak membuang waktu mengerjakan hal yang tidak perlu.

Cobalah untuk menyusun skala prioritas dari seluruh tugas dan kewajiban selama satu hari. Lakukan dari yang paling penting hingga yang tidak penting. Sehingga waktu bisa menjadi lebih efektif.

Istirahat secara rutin

Walaupun sering merasa stress dengan beberapa hal, namun jangan sampai lupa untuk beristirahat secara rutin. Banyaknya kewajiban yang harus dilakukan hanya akan memicu timbulnya burnout jika tidak diimbangi dengan istirahat yang rutin.

Laman Forbes menjelaskan bahwa tubuh dan pikiran butuh istirahat yang cukup untuk melakukan kembali aktivitas dengan performa terbaik. Maka dari itu sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat sehingga lebih siap untuk mengerjakan kembali kewajiban dengan baik.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Vagina Kering! Cari Tahu Yuk!

Olahraga

Hal lain yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya burnot adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga tak hanya baik bagi kesehatan fisik, namun juga bisa memberikan dorongan emosional positif.

Agar terhindar dari burnout, olahraga berat tidak perlu dilakukan setiap hari. Lakukan peregangan ringan hingga sedang secara rutin. Maka tubuh akan terasa lebih segar dan pikiran menjadi lebih bersemangat lagi.

Makan secara seimbang

Laman Health Line menjelaskan bahwa makan makanan sehat yang mengandung omega-3 dapat menjadi salah satu anti-depresan terbaik.

Makanan yang mengandung omega-3 seperti kacang walnut, biji-bijian, salmon, hingga jenis ikan lainnya bisa membantu meningkatkan mood juga. Sehingga resiko stress berlebih penyebab burnout bisa diminimalisir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News